visitaaponce.com

Pengelola Terminal Kalideres Prediksi Dua Puncak Peningkatan Penumpang

Pengelola Terminal Kalideres Prediksi Dua Puncak Peningkatan Penumpang
Sopir bus menunggu calon penumpang di Terminal Bus Kalideres, Jakarta, Senin (3/4).(MI/BILAL NUGRAHA GINANJAR)

PENGELOLA Terminal Kalideres memprediksi dua puncak peningkatan penumpang selama libur akhir tahun, yakni pada 22-23 Desember untuk periode Natal, sedangkan untuk Tahun Baru terjadi pada 28-29 Desember.
  
"Diprakirakan ada dua puncak peningkatan penumpang," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen seperti dilansir dari Antara, Rabu (20/12).

Untuk itu, kata Revi, posko pengawasan terpadu di Terminal Kalideres mulai disiagakan mulai 20 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2024. "Posko sudah kita bentuk dan mulai siaga itu besok sampai dengan tanggal 3 Januari 2024," ucap Revi.

Revi menuturkan pada Selasa (19/12) pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir sekaligus memeriksa kelaikan (ramp check) armada bus.

Baca juga: Dishub Buka Kemungkinan Sediakan Bagasi untuk Koper Penumpang di Bus Transjakarta Rute Bandara

"Sampai pukul 13.00 WIB (Selasa) yang sudah diperiksa itu tujuh orang. Dinyatakan sehat enam orang dan satu orang tidak sehat," ungkap Revi.

Pada waktu yang sama, pihaknya juga melakukan ramp check terhadap tujuh kendaraan. "Layak jalan ada tiga kendaraan dan tidak layak jalan empat kendaraan," kata Revi.

Hingga kini Revi belum merinci yang akan dilakukan terhadap sopir yang tidak sehat serta kendaraan yang tidak layak jalan.

Sebelumnya, Revi mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para sopir bus.

"Besok kita melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine pengemudi. Kita dibantu juga oleh Sudinkes Jakarta Barat, Dinas Kesehatan DKI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI serta PT Jasa Raharja," kata Revi pada Senin (18/12).

Baca juga: Jelang Natal, BI Maluku Siapkan Uang Tunai Rp1,29 Triliun

Pihaknya akan melakukan ramp check untuk memastikan kendaraan aman secara administratif dan secara teknis.

"Besok juga ada ramp check juga dari pengujian untuk 30 kendaraan rute Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera. Besok mulai dan juga kita siapkan," kata Revi.

Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) serta beberapa lembaga lain untuk melakukan kegiatan tersebut. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat