visitaaponce.com

Hujan Lebat Sejak Jumat, 7 RT Wilayah Jakarta Barat Terendam Hingga 1 Meter

Hujan Lebat Sejak Jumat, 7 RT Wilayah Jakarta Barat Terendam Hingga 1 Meter
Ilustrasi banjir yang melanda permukiman warga di DKI Jakarta.(MI/Usman Iskandar)

HUJAN dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta sejak Jumat (05/01) dan Sabtu (06/1). Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta menyebutkan hujan deras menyebabkan kenaikan status Pos Angke Hulu Siaga 1 atau bahaya pada pukul 18:15 WIB Sabtu (6/1) dan menyebabkan banjir di wilayah DKI Jakarta.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji mencatat hingga pukul 11.00 WIB genangan terjadi di 7 RT, yakni wilayah Jakarta Barat.

"Kelurahan Rawa Buaya, terdapat 2 RT dengan ketinggian 40 s.d 60 cm, Kelurahan Kedaung kali Angke dengan ketinggian 35 cm," jelasnya.

Baca juga: Diguyur Hujan, 46 RT di Jakarta Tergenang Banjir

Terparah beras di Kelurahan Kembangan Utara dan Kembangan Selatan sebanyak 2 RT di kelurahan tersebut ketinggian air mencapai 100 cm.

Ia menjelaskan, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

Baca juga: Banjir Pondok Karya Mampang Jaksel Setinggi 90 Cm

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ungkap Isnawa.

BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat