visitaaponce.com

267 Personel Bersiap di Titik Rawan Banjir Jakarta

267 Personel Bersiap di Titik Rawan Banjir Jakarta
Ratusan personil BPBD DKI Jakarta bersiaga antisipasi banjir Jakarta(Antara)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengerahkan sedikitnya 267 personel tanggap bencana di wilayah rawan banjir. Mereka akan dikerahkan untuk bertugas siaga penuh selama 24 jam.

"Kami menyiagakan petugas di wilayah rawan banjir selama 24 jam. Totalnya 267 personel bertugas menanggulangi bencana atau tim reaksi cepat bertugas di seluruh wilayah Jakarta," ujar Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang, kepada wartawan, Selasa (9/1).

Michael mengatakan, petugas BPBD DKI Jakarta yang dikerahkan ke lokasi rawan banjir telah dibekali keahlian mengevakuasi warga dalam keadaan darurat. Mereka juga dibekali alat pendukung.

Baca juga: Jakbar Dikepung Banjir, Sudin SDA Cek Turap Kali Angke

"Kami sudah sering melakukan pelatihan kepada petugas dan memberikan pelatihan kepada masyarakat. Dalam satu tahun dilakukan minimal dua kali pelatihan," kata Michael. Sebelumnya, DPRD DKI meminta Pemprov menyiagakan petugas tanggap bencana di setiap wilayah rawan banjir.

Sementara Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Syarifuddin, mengatakan, keberadaan petugas di lokasi rawan banjir diperlukan sebagai kesiapan menghadapi bencana. Sebab, Jakarta sedang menghadapi potensi cuaca ekstrem setidaknya sampai 10 Januari 2024.

Baca juga: Lima Desa di Cikalongwetan Dikepung Banjir dan Tanah Longsor

“Saya meminta BPBD dan perangkat eksekutif lain untuk mengantisipasi kemungkinan adanya dampak-dampaknya terhadap masyarakat,” ujar Syarifuddin dalam keterangannya, Sabtu (6/1).

Menurut Syarifuddin, BPBD DKI Jakarta perlu mengantisipasi dampak bencana akibat cuaca ekstrem dari hulu hingga ke hilir. Salah satunya dengan menyiagakan petugas yang memiliki kemampuan mengevakuasi korban dan menolong warga saat keadaan darurat.

"Jadi bukan hanya di hulu, tapi skenario di hilirnya juga sudah siap. Sehingga begitu ada kondisi darurat, tinggal dijalankan saja karena dari awal sudah disiapkan dengan baik,” kata Syarifuddin. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat