visitaaponce.com

Jakbar Dikepung Banjir, Sudin SDA Cek Turap Kali Angke

Jakbar Dikepung Banjir, Sudin SDA Cek Turap Kali Angke
Ilustrasi banjir akibat meluapnya Kali Angke(Antara)

WILAYAH Jakarta Barat menjadi salah satu wilayah yang tergenang banjir cukup lama ketika ibu kota diguyur hujan lebat, akhir pekan lalu. Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat Purwanti mengatakan, banjir di beberapa kelurahan seperti Rawa Buaya, Kembangan Selatan, Kembangan Utara, Sukabumi Selatan, dan Kedaung Kali Angke disebabkan oleh luapan Kali Angke.

"Itu karena luapan Kali Angke yang kondisinya sempat naik ke Siaga 1," kata Purwanti saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (9/1).

Banjir di Kelurahan Kembangan Selatan dan Kembangan Utara bahkan mencapai ketinggian satu meter serta baru surut di malam hari.

Purwanti menjelaskan, kondisi Kali Angke sudah dinormalisasi dengan dibangun dinding turap di dua sisi kali. Ia pun menduga ada faktor lain yang menyebabkan banjir menggenangi permukiman warga seperti adanya bocoran pada dinding turap.

Baca juga: Bantuan Korban Banjir Kedaluwarsa, Kemensos Langsung Ganti Dengan yang Baru

"Kalau yang di Kembangan juga sudah terbangun sheetpile-nya. Kami akan evaluasi dimana titik bocor-bocornya," jelasnya.

Sementara itu, faktor lainnya yang dapat menyebabkan banjir di wilayah tersebut juga adanya warga yang masih menjadikan sungai sebagai saluran pembuangan akhirnya.

Guna mengantisipasi banjir, pihaknya sudah menyediakan pompa mobile dan pompa apung.

Baca juga: PT KAI Daop 6 Antisipasi Cuaca Buruk Ganggu Perjalanan Kereta Api

"Itu sudah dibangun sheetpile, tapi warga di pinggir kali banyak yang buang air langsung ke kali. Apabila muka air kali dalam keadaan normal tidak ada masalah tapi apabila Kali Angke tinggi seperti saat ini maka air kali akan masuk kepemukiman warga. Ini khusus di RW04 Rawa Buaya," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat