visitaaponce.com

PT KAI Daop 6 Antisipasi Cuaca Buruk Ganggu Perjalanan Kereta Api

PT KAI Daop 6 Antisipasi Cuaca Buruk Ganggu Perjalanan Kereta Api
Manager Humas Daop 6 Yogjakarta, Krisbiyantoro(MI/Widjajadi)

PT KAI Daop 6 Yogyakarta telah memetakan jalur yang berstatus jalur penanganan khusus saat musim hujan, yaitu dari Goprak, Sumberlawang, hingga Kalioso. Jalur kereta api tersebut berisiko mengalami banjir dan ambles.

"Langkah antisipasi yang dilakukan adalah membuat drainase kanan-kiru track agar lancar sampai ke sungai," terang Krisbiantoro, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Senin (8/1).

Dengan status jalur penanganan khusus, jika hujan turun selama dua jam, saat itu juga, petugas wajib turun memeriksa titik-titik aliran air dan jalur yang tanahnya labil. 

Baca juga : Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Sudah Bisa Dibeli Kamis, 15 Februari

Saat ditemukan kejanggalan, petugas akan menyampaikan laporan dan kecepatan kereta api akan dibatasi saat melewati jalur tersebut, maksimal seperti orang berjalan kaki atau 5 kilometer per jam.

Selain itu, PT KAI juga bekerjasama dengan BMKG terkait informasi cuaca. Dengan panduan dari BMKG, petugas di bagian unit lintas menjadi lebih siaga terkait cuaca yang akan dihadapi ke depannya. "Yang masih susah diprediksi adalah kencangnya angin," kata dia.

Menyikapi kejadian kecelakaan kereta api di jalur Haurpugur-Cicalengka beberapa waktu yang lalu, Krisbiantoro berharap, hal ini terjadi berulang lagi di seluruh daerah operasi PT KAI.

"PT KAI terus mengupayakan peningkatan pelayanan termasuk peningkatan keselamatan yaitu dengan meningkatkan sistem komunikasi untuk layanan perjalanan kereta api, termasuk juga kinerja dari sumber daya manusia kami terus kita tingkatkan," tutup dia. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat