visitaaponce.com

Bang Zaki Lihat Potensi Kepulauan Seribu Jadi Maldives Indonesia

Bang Zaki Lihat Potensi Kepulauan Seribu Jadi Maldives Indonesia
Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar melakukan kunjungan ke kawasan Kepulauan Seribu.(Dokpri.)

KETUA DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar melakukan kunjungan ke kawasan Kepulauan Seribu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka sosialisasi serta melihat potensi besar di kawasan tersebut.

Dalam lawatannya selama dua hari terhitung sejak Kamis (18/1) ke Kepulauan Seribu, terdapat enam pulau yang dikunjungi. Di antaranya Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, dan Pulau Untung Jawa.

Lokasi pertama yang dikunjungi ialah Pulau Harapan. Bang Zaki, sapaan akrabnya, disambut meriah oleh warga dengan lantunan marawis dan selawat. Bahkan Bang Zaki juga dikelilingi emak-emak yang berebut jabat tangan. "Ini bagian dari interaksi masyarakat Kepulauan Seribu," kata Bang Zaki di lokasi.

Baca juga: Daftar Kode Pos Bogor Lengkap Kecamatan dan Kelurahan

Setelah itu, Bang Zaki pergi mengunjungi Pulau Kelapa. Di sana, para warga yang mayoritas memiliki profesi sebagai nelayan menyampaikan keluh kesahnya terhadap tantangan yang dihadapi saat ini. Bukan hanya soal iklim yang tidak bersahabat, tetapi juga minimnya pasokan bahan bakar solar membuat nelayan kesulitan melaut. 

Kabar ini telah jauh hari terdengar Zaki. Untuk itu, pihaknya mempersiapkan solar untuk diberikan kepada masyarakat. "Ini solar buat para nelayan supaya bisa mudah melaut. Mudah-mudahan Golkar bisa menang di Pulau Harapan," ungkap pria yang juga caleg DPR Dapil 3 DKI Jakarta itu.

Lokasi ketiga yang dikunjungi ialah Pulau Panggang. Selain berinteraksi dengan warga, Zaki berziarah ke tiga makam ulama yang dilakukan untuk menghormati jasa para ulama yakni Habib Ali bin Ahmad bin Zein al-Aidid, Habib Husein bin Agil Assegaf, dan Syekh Dara Putih.

Baca juga: Jakpro: Warga Boleh Tempati Kampung Susun Bayam, tapi Ada Syaratnya

Melanjutkan kegiatan, Bang Zaki juga mengunjungi Pulau Pramuka. Dirinya menuturkan, ada sejumlah potensi besar untuk peningkatan ekonomi rakyat, terutama perbaikan infrastruktur pelabuhan. "Kita harus buka potensi pariwisata yang sangat baik dan bagus. Ini harus dibuka. Yang penting dari darat ada pelabuhan bagus. Di pulau ada pelabuhan yang layak untuk bersandarnya kapal. Dengan demikian, ada peningkatan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara," tutur Bupati Tangerang 2013-2023 tersebut.

Menurutnya, perlu ada kebijakan progresif untuk menata Kepulauan Seribu. Jika bisa dikelola dengan baik, kesejahteraan masyarakat di kawasan ini dipastikan akan lebih meningkat. "Apalagi kalau kita bermimpi menjadikan kawasan ini sebagai daerah wisata yang terintegrasi. Bukan mimpi apabila Kepulauan Seribu akan jadi Maldives-nya Indonesia," ucap Zaki. "Jadi saya berharap, siapapun yang memimpin Jakarta ke depan, bisa menunjukkan keberpihakannya pada masyarakat pesisir dan kepulauan di DKI Jakarta," sambung pria kelahiran 14 Desember 1973 tersebut.

Selain itu, Zaki meneruskan kunjungannya ke Pulau Tidung sekaligus untuk tempat bermalam. Di lokasi, dirinya melakukan dialog sekaligus mendengar keluhan kondisi terkini para nelayan yang menyedihkan karena dulu mereka sejahtera karena sering mendapat bantuan, tetapi sekarang justru sebaliknya. "Di sini perlu juga menyediakan SPBU untuk memasok bahan bakar di sejumlah pulau. Jika itu bisa dilakukan, ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, biaya juga akan lebih murah," jelas dia.

Kemudian juga para warga bisa membuat inovasi melalui sumber daya alam yang ada, seperti budi daya kuda laut untuk dijadikan obat. Ia pun menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Menutup kunjungan pada hari selanjutnya, Bang Zaki berkunjung ke Pulau Untung Jawa. Pada kesempatan ini, ia melakukan sosialisasi program makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah dan lansia. Harapannya, program ini bisa menurunkan angka kasus stunting yang masih belum mencapai target 14%, yakni per 2022 masih di angka 21,6%. Menurutnya, program ini dapat meningkatkan ekonomi rakyat. "Ini penting karena nanti yang kirim makanannya dari warga masyarkat sekitar, katering, warung nasi, warteg, atau warung makan lain yang ada di sekitar masyarakat," serunya.

Pada kunjungan ini, Bang Zaki melihat banyak aspek yang perlu diperbaiki untuk bisa menyejahterakan masyarakat. Ia mengatakan bahwa ini bukan kunjungan pertama dan terakhirnya ke Kepulauan Seribu. "Mudah-mudahan kita bisa lebih dekat lagi. Ini bukan kunjungan pertama dan terakhir. Insya Allah bisa kunjungan lagi di lain waktu. Yang penting semua sehat, aman, dan sejahtera," tutup calon DKI 1 tersebut. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat