visitaaponce.com

Pengamat Zaki Tepat untuk Jakarta dan RK Cocok di Jabar

Pengamat: Zaki Tepat untuk Jakarta dan RK Cocok di Jabar
Ketua DPD DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar membawa bendera Partai Golkar.(Antara/M Risyal Hidayat)

SEJUMLAH kandidat telah bermunculan untuk meramaikan bursa Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024. Salah satu nama calon gubernur atau cagub DKI yang menarik perhatian berasal dari kader Golkar.

Diketahui bahwa terdapat dua nama yang diberikan mandat oleh Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto pada November 2023 untuk maju dalam Pilgub DKI. Di antaranya ialah Ahmed Zaki Iskandar atau kerap dipanggil Bang Zaki serta Ridwan Kamil atau RK.

Melihat persaingan dua kader Golkar itu, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai bahwa Zaki Iskandar lebih memiliki potensi yang bagus untuk mengikuti kontestasi Pilkada DKI Jakarta. "Ahmed Zaki punya potensi untuk didorong Partai Golkar. Kalau saya melihat, mestinya Ahmed Zaki yang maju di Jakarta," ucap dia dalam keterangannya, Rabu (13/3).

Baca juga : Elite Golkar Sarankan Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang DKI Jakarta

RK lebih cocok ditempatkan mengikuti kontestasi Pilgub Jawa Barat. Pasalnya, jika RK maju ke Jakarta, ini akan berdampak terhadap kekuatan politik Golkar di Jawa Barat yang merupakan lumbung suara.

"Kalaupun dia maju di Jakarta, lalu di Jabar dari Golkar siapa yang diusung? Kalau di Jabar yang menang bukan kader Golkar, itu akan jadi kehilangan besar, karena Jabar itu lumbung suara, jumlah terbesar dari pemilih di Indonesia, sangat strategis," ungkap Ujang.

Sebelumnya diketahui juga bahwa DPD Golkar Jabar akan mendorong RK untuk maju Pilgub Jabar untuk periode kedua. Soalnya, potensi kemenangan RK dan Golkar di Pilgub Jabar diperkirakan lebih besar dibanding kader lain. "Kalau mau berbagi peran, harusnya Ahmed Zaki di DKI dan RK di Jabar," serunya.

Di Jakarta, Bang Zaki memiliki segudang pengalaman dalam pemerintahan daerah dengan menjadi Bupati Tangerang 2013-2023. Belum lagi prestasinya dalam Pemilu 2024 selaku Ketua DPD Golkar DKI Jakarta dan Ketua TKD Prabowo-Gibran DKI Jakarta yang berhasil mendongkrak suara Golkar di ibu kota pantas mendapat apresiasi. "Ahmed Zaki saya rasa sangat mumpuni dan bagus untuk bisa diusung Golkar karena posisi beliau kan Ketua DPD DKI Jakarta, jadi sudah sangat pas dan cocok," tutup dia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat