visitaaponce.com

Polri Imbau Masyarakat Tak Melakukan Konvoi saat Malam Takbiran

Polri Imbau Masyarakat Tak Melakukan Konvoi saat Malam Takbiran
Personel Brimob melakukan pengamanan di persimpangan Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).(ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan konvoi pada malam takbiran jelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Aan mengatakan, konvoi dapat membuka peluang terjadinya gesekan antar kelompok.

"Edukasi dari sekarang ini, kita sosialisasikan kepada masyarakat tidak melakukan konvoi ketika takbiran. Karena secara history, kalau sudah konvoi itu bukan takbiran, artinya terjadi konflik antar grup, antar geng, ini terjadi konflik di jalan," kata Aan, Selasa (9/4).

Baca juga : Polda Metro Jaya Sediakan Layanan Mudik Gratis 2024

Aan menekankan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk pengamanan malam takbiran yang diprediksi terjadi malam nanti. Terutama di kota-kota besar lewat masing-masing Ditlantas Polda setempat.

"Takbiran sudah kita siapkan, beberapa kota besar. Kemudian dari para Dirlantas juga sudah menyiapkan pengamanannya. Ada beberapa mungkin nanti rekayasa lalu lintas untuk preventif kalau-kalau ada yang melakukan takbir keliling dan sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, Polda Metro Jaya sendiri juga melarang warga DKI Jakarta dan sekitarnya melakukan takbiran keliling.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, pihaknya telah siap mengamankan seluruh kegiatan masyarakat dengan meningkatkan kegiatan kepolisian, bersinergi bersama tiga pilar dan seluruh stakeholders.

“Kami mengimbau agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling. Masyarakat bisa merayakan malam takbiran di masjid agar lebih khusyuk. Kami berharap kerjasama masyarakat untuk senantiasa mewujudkan kamseltibcar lantas dan pemeliharaan kamtibmas agar kondusif. Masyarakat tidak perlu khawatir, petugas kami ada di lapangan 24 jam,” kata Ade Ary. (Fik)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat