visitaaponce.com

SDN Roboh Akibat Diterjang Angin Puting Beliung di Sawangan Depok Dibangun Ulang Tahun Depan

SDN Roboh Akibat Diterjang Angin Puting Beliung di Sawangan Depok Dibangun Ulang Tahun Depan
Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kedaung 01 Sawangan, yang roboh ditiup angin puting beliung.(MI/Kisar Rajaguguk)

PEMERINTAH Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) memastikan membangun ulang Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kedaung 01 Sawangan, yang roboh ditiup angin puting beliung.

"Gedung dibangun dari nol," kata Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Kota Depok Hendri Adpriyono, Kamis (11/4).

Hendy sapaan Hendri Adpriyono, mengatakan, gedung SDN Kedaung 1 dibangun ulang tahun 2025. Saat ini material-material Gedung SD Negeri Kedaung 1 sudah dibersihkan Dinas Pendidikan Kota Depok. "Gedung yang lama dibersihkan dibangun ulang tahun 2025," ujarnya.

Baca juga : Dua Bus Rombongan Siswa SMPN 3 Depok Kecelakaan di Subang

Untuk proyek rehab total gedung SDN ditaksir menelan APBD Rp11 miliar. "Anggaran akan disiapkan di APBD 2025," kata Hendy.

Hendy menjelaskan dana Rp11 miliar akan digunakan untuk membangun kembali dari awal gedung SDN yang roboh tertiup angin puting beliung pada Kamis (14/3).

Akibatnya, kelas 2, 3 yang menempati bangunan roboh itu terpaksa mengungsi belajar mengajar ke kelas lain.

Baca juga : Cegah Tawuran dan Kejahatan, Depok Berlakukan Jam Malam bagi Siswa SMP

Disebut dia, untuk sementara ratusan siswa SDN Kedaung 1 belajar bergantian di kelas lain yang tidak roboh. Karena hanya empat ruangan, siswa belajar secara bergantian pagi dan siang pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB dan pukul 13.00 WIB-pukul 17.00 WIB.

Hendy berharap solusi sementara penanganan ratusan siswa belajar di bangunan SDN roboh itu segera dilakukan. Karena ratusan siswa sebentar lagi memasuki kuartal empat dan ujian akhir.

Saat ditanya, apakah sudah dilaporkan ke Wali Kota Depok Muhammad Idris dan Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri rencana rehabilitasi total gedung SDN dijawab sudah.

Baca juga : Buntut Insiden Guru Tabrak Siswa, Disdik DKI Jakarta Minta Pengaturan Kendaraan Pribadi di Sekolah

"Pak Wali dan Pak Sekda mendukung SDN tersebut segera ditangani supaya belajar mengajar aman dan nyaman.”

Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri mengatakan SDN Kedaung 1 Sawangan kondisinya sangat memprihatinkan. Hal itu karena bangunan dan atap sudah tua. SDN Kedaung 1 kata Supian Suri dibangun tahun 1992. Ketika Kota Depok masih Kota Administratif Kabupaten Bogor.

Hendy menambahkan 206 SDN yang diwariskan Kabupaten Bogor kini telah banyak yang bocor. Maklum usianya sudah puluhan tahun materialnya juga terbuat dari bahan kayu serta genteng.

Dari investigasi yang dilakukan Dinas Pendidikan, sambung dia, ada kurang lebih 50 bangunan SDN di Kota Depok mengalami kerusakan serius.

"Jumlah ini belum termasuk gedung sekolah menengah pertama (SMP). Kota Depok yang memiliki 34 gedung, mayoritas kondisi rusak butuh perbaikan," pungkasnya. (KG/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat