visitaaponce.com

BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca untuk Tanggap Darurat Bencana Sumatera Barat

BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca untuk Tanggap Darurat Bencana Sumatera Barat
Warga berjalan di atas tumpukan material akibat banjir bandang di Jorong Galuang, Nagari Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat, Senin (13/5/2024)(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Sumatera Barat mulai Rabu (15/5).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, operasi teknologi modifikasi cuaca dilakukan sebagai salah satu upaya percepatan penanganan darurat bencana banjir bandang lahar dingin dan tanah longsor yang terjadi di beberapa Kabupaten dan Kota yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

"Teknologi modifikasi cuaca ini sangat diperlukan guna mendukung proses evakuasi dan perbaikan sarana dan pra sarana yang ada," ujarnya, Rabu (15/5).

Baca juga : Update Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar : 37 Meninggal Dunia, 17 Orang Hilang

Menurutnya, hal tesebut dilakukan agar proses penanganan darurat yang dilakukan berbagai instansi tidak terhambat dan terkendala oleh cuaca buruk.

Sebab, kondisi cuaca di wilayah Provinsi Sumatera Barat menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih berpotensi hujan ringan hingga hujan lebat.

Operasi TMC di Sumatera Barat dilaksanakan atas koordinasi BNPB, BMKG, TNI AU, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pihak pihak terkait lainnya, BNPB akan menggunakan pesawat tipe Grand Caravan 208 C dengan nomor lambung PK-SNN dari Bandar Udara Minangkabau.

Pada hari ini (15/5), operasi TMC direncanakan dilakukan sebanyak 2 sortie penerbangan yang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan membawa 1 ton Natrium Klorida (NaCl) pada setiap sortie nya, sehingga total bahan semai untuk operasi TMC Sumatera Barat adalah 2 ton. (ind)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat