visitaaponce.com

Fraksi PDIP Kota Tangerang Berencana Layangkan Hak Interpelasi Pj Wali Kota

Fraksi PDIP Kota Tangerang Berencana Layangkan Hak Interpelasi Pj Wali Kota
Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Tangerang Andri Septiawan Permana akan menggulirkan hak interpelasi kepada Pj Wali Kota Tangerang Nurdin(Dok)

FRAKSI DPRD PDIP Kota Tangerang berencana melakukan hak interpelasi kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin. Interpelasi tersebut dilakukan terkait dengan kegiatan apel peringatan Hari Lahir Pancasila yang hanya dihadiri oleh pejabat teras pemerintahan. 

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangerang Andri Septiawan Permana menjelaskan bahwa pemerintah daerah diduga abai memaknai kegiatan Hari Lahir Pancasila Sebagai ideologi dan falsafah hidup bermasyarakat. Hal itu, kata Andri, tercermin tak adanya pelibatan masyarakat secara aktif dalam apel hari lahir Pancasila di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang.

"PDI Perjuangan sebagai kekuatan politik Nasionalis-Soekarnois melalui representasinya fraksi PDI Perjuangan di DPRD Kota Tangerang. Bahwa 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sebagaimana Kepres Nomor 24 Tahun 2016 harus diperingati serta dirayakan oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Tangerang, dimana dalam implementasinya pemerintah daerah harus berperan aktif dalam mewujudkannya," tegas Andri dalam keterangannya yang dikuti di Jakarta, Selasa (4/6). 

Baca juga : Buaya Sepanjang 3,5 Meter Masuk Permukiman Warga Nambo Jaya

Sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila tertera di ayat ketiga yang berbunyi pemerintah beserta seluruh komponen bangsa dan masyarakat memperingati hari lahir Pancasila. Ia pun menyoroti kinerja dan pemahaman akan tugas dan fungsi Penjabat (Pj) Walikota Tangerang dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang Teguh Suprianto. 

Ia menyayangkan, sikap pemerintah Kota Tangerang yang acuh akan penanaman dan perawatan Pancasila sebagai ideologi dan falsafah hidup berbangsa dan bernegara. 

"Sepertinya tugas dan fungsi Kesbangpol dan Pj Walikota bisa dibaca karena itu ada dalam aturan dan sumpah jabatan. Harusnya pemerintah juga tahu kalau apel hari lahir Pancasila itu harus dilibatkan aktif seluruh masyarakat," tegasnya.

Baca juga : Loloskan Narkoba, Dua Pegawai Maskapai Penerbangan Swasta Ditangkap

Andri mempertanyakan relevansi antara konser musik terhadap pembudayaan Pancasila dalam kegiatan peringatan pada tanggal 1 Juni 2024 yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. 

"Kami juga mempertanyakan perihal minimnya keterlibatan seluruh lapisan masyarakat dalam proses peringatan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah," jelasnya.

Ia menilai, pemerintah Kota Tangerang seperti akan menyepelekan ancaman ideologi transnasional yang mengancam Pancasila. Harusnya, kata dia, Kesbangpol punya peran besar dalam menjaga pembudayaan Pancasila dalam melawan ideologi transnasional yang menjadi ancaman negara.

Baca juga : Kawasan Bandara Masih Jadi Incaran Pengembangan Properti

"Mempertanyakan peran dan fungsi Badan kesbangpol dalam proses penguatan, pembinaan Ideologi Pancasila di masyarakat khususnya dalam menangkal ideologi transnasional yang dapat merusak karakter dan kehidupan masyarakat," tegasnya.

Andri mengatakan, Fraksi PDI Perjuangan teguh berjuang dan komitmen untuk terus mengarusutamakan nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat Kota Tangerang. Salah satunya melalui Peraturan Daerah (Perda) tentang pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan bagi masyarakat Kota Tangerang.

Ia menegaskan, akan menggunakan hak interpelasi bila kritikan tak digubris oleh Kesbangpol dan Pj Walikota Tangerang. 

"Kami tegaskan apabila pemerintah daerah tidak mengindahkan catatan kritis sebagaimana dimaksud. Maka kami akan menggunakan hak interpelasi sebagai upaya meminta keterangan kepada pemerintah daerah mengenai program dan kebijakan pembinaan ideologi pancasila di Kota Tangerang," pungkasnya.(Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat