visitaaponce.com

Pergantian Musim Hujan Es Guyur DKI

Pergantian Musim Hujan Es Guyur DKI
Pergantian Musim Hujan Es Guyur DKI(MI/ROMMY PUJIANTO)

HUJAN es turun di sejumlah kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, Selasa (28/3).
.
Warga Kampung Duku RT 11/ RW 004, Jakarta Timur, Nisa, merasakan sensasi hujan es tersebut sekitar pukul 15.40 WIB. “Hujan es mirip es batu berlangsung sekitar 20 menitan. Sekarang sudah enggak ada. Hujan deresnya masih,” kata Nisa.

Hujan es juga dirasakan warga di kawasan Taman Mini Indonesia Indah dan warga yang tinggal di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. “Esnya keras bulat putih. Pertama dikira ager-ager. Taunya hujan es,” tutur Ari, warga Pejaten, Jakarta Selatan.

Sejak pagi, cuaca di Jakarta Timur khususnya kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tergolong sangat panas. Tak ada tanda-tanda hujan hingga siang hari. Namun sejak sore hingga menjelang malam tiba-tiba turun hujan lebat.

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hary Tirto Djatmiko menjelaskan hujan es banyak terjadi saat musim transisi.

“Kejadian hujan lebat atau hujan es disertai kilat/petir dan angin kencang yang berdurasi singkat, lebih banyak terjadi pada masa transisi/pancaroba musim, apakah itu dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya,” terang Hary.

Menurutnya, indikasi fenomena tersebut terlihat dari udara sehari sebelum hujan lebat terjadi. Udara pada malam hingga pagi hari terasa panas.

“Udara terasa gerah akibat adanya radiasi matahari yang cukup kuat dan ditunjukkan oleh nilai perbedaan suhu udara antara pukul 10.00 dan 07.00 LT. Di pihak lain kelembaban udara di lapisan 700 mb (> 60%),” jelas Hary.

Pada pukul 10.00 WIB, lanjutnya, terlihat tumbuh awan Cumulus (awan putih berlapis–lapis). Di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu–abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

Kemudian awan tersebut berubah warna menjadi hitam (awan Cumulonimbus). Dahan pepohonan mulai bergoyang cepat. Biasanya terasa sentuhan udara dingin di sekitar tempat seseorang berdiri. Tiba-tiba turun hujan deras dan pada saat seperti itulah terkadang disertai oleh hujan es. (DD/KG/MTVN/J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Msyaifullah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat