visitaaponce.com

Jasa Marga Maksimalkan Contra Flow di Cipularang dan Cipali

Jasa Marga Maksimalkan Contra Flow di Cipularang dan Cipali
Petugas dan anggota polisi mengatur laju kendaraan yang melintas menuju arah Jakarta saat pemberlakuan sistem contraflow di Tol Jakarta-Cika(Antara)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Jasa Marga akan menerapkan contra flow di jalan tol Cipularang dan Cipali. Upaya itu diyakini mengurai kemacetan selama periode mudik.

"Sekarang titik kemacetan di persimpangan Cipularang dan Cipali dan diatasi dengan contra flow," kata Budi dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Waspada 123 Juta Pemudik, Menhub Bongkar Strategi Jitu,' Minggu, 16 April 2023.

Budi mengatakan kepadatan tahun lalu di ruas tersebut terjadi lantaran contra flow tidak diterapkan. Pemerintah belajar dari pengalaman pada 2022.

Baca juga : Menhub Ingatkan Bahaya Mudik dengan Sepeda Motor

"Ini sangat membantu dan jadi relatif bisa terselesaikan dengan baik," papar dia.

Budi menyebut titik contra flow dimulai sejak kilometer (km) 72 tol Jakarta Cikampek hingga km 144 tol Kalikangkung. Pemudik hanya perlu sekali bayar tol di jalur tersebut.

Baca juga : Peserta Mudik Gratis Naik Kapal Dobonsolo Jakarta-Semarang Berangkat

Kemenhub melakukan survei terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada Lebaran 2023. Hasilnya, 123,8 juta diperkirakan akan pulang ke kampung halaman pada lebaran tahun ini.

Budi mengatakan jumlah pemudik tersebut mengalami peningkatan sebesar 44,79 persen ketimbang 2022 yang hanya 85,5 juta orang.

"Mudik Lebaran 2023 akan mengalami peningkatan signifikan karena pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah berakhir, ekonomi juga mengalami kenaikan 5,3 persen, kemudian tidak ada larangan mudik, dan adanya cuti bersama," ujar Budi dalam Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi V DPR. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat