visitaaponce.com

Tol Cisumdawu Efektif Urai Kepadatan Kendaraan Pemudik

Tol Cisumdawu Efektif Urai Kepadatan Kendaraan Pemudik
Kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat(Antara)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengklaim pembukaan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 kilometer (km) efektif melancarkan arus mudik Lebaran 2023.

"Kondisi jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan dua ruas tol yaitu Tol Purbaleunyi dan Tol Cikoko-Palimanan (Cipali) relatif lancar dengan kondisi cuaca yang cerah," kata Basuki dalam keterangannya, Jumat (21/4).

Sebelumnya, pada Desember 2022 silam, tol Cisumdawu seksi 1-3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km telah beroperasi. Dengan demikian tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas tol Cipularang hingga ruas tol Cipali.

Baca juga : Waspada, Jalur Tol Cisumdawu Rawan Kabut

"Tol Cisumdawu Seksi 4-6 secara struktur sudah selesai semua, termasuk pemasangan rambu-rambunya," kata Basuki

Jalan Tol Cisumdawu yang dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 terdiri dari Seksi 4 Cimalaka-Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok-Ujung Jaya (14,9 km), dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,1 Km).

Baca juga : Menhub Sebut 24-25 April Puncak Arus Balik Mudik

"Dari Cimalaka sampai Dawuan akan dibuka dua lajur secara gratis untuk arus mudik Lebaran 2023 ini," ungkap Menteri PU-Pera.

Koordinator Pengawas Lapangan Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Cisumdawu Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU-Pera, Asep Sulaeman mengatakan, kondisi jalan Tol Cisumdawu tidak mengalami penumpukan kendaraan.

“Pada Jumat ini, pukul 08.30 WIB, jalur fungsional seksi 4-6 yang dibuka pukul 06.00 hingga 15.00 WIB dengan kondisi lalu lintas di seksi 4-6 juga lancar,” sebut Asep.

Selain itu, disiapkan rest area sementara di KM 194+400 Seksi 4B untuk mendukung arus mudik. PJBH Cisumdawu juga menyediakan Posko Siaga Sapta Taruna dengan lokasi Rest Area KM 194+400 yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk beristirahat.

"Posko ini juga dilengkapi toilet, mushola, pom bensin, dan lain-lain," jelas Asep.

Kementerian PU-Pera menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat mulai beroperasi dengan mengenakan tarif pada awal Juni 2023. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat