visitaaponce.com

Sumedang mulai Amankan Jalur Mudik Lebaran

Sumedang mulai Amankan Jalur Mudik Lebaran
Pemudik terjebak kemacetan di Jalur Pantura, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022).(MI/RAMDANI)

PERSIAPAN jalur yang akan digunakan untuk arus mudik Lebaran dilakukan sejumlah daerah. Di Kabupaten Sumedang, prioritas dilakukan di jalan kawasan Cadas Pangeran yang rawan tanah longsor.

Salah satu upaya ialah melakukan penebangan pohon yang berpotensi tumbang di kawasan itu. Selain itu juga membantu tebing yang dinilai rawan tanah longsor.

Penebangan pohon mulai dilakukan Selasa, (26/3). Pekerjaan itu dilakukan tim gabungan BPBD, TNI, Polri, PMI, Perhutani, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga : Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Siap Layani Pemudik Lebaran 2023

Kepala Pelaksanaan BPBD Sumedang Atang Sutarno mengatakan, penebangan pohon ini dilakukan sebagai salah satu persiapan jelang arus mudik lebaran. 

"Kami melakukan pembersihan pohon-pohon yang dianggap rawan tumbang, kemudian kami juga memantau tebing-tebing yang dianggap rawan longsor," terang dia.

Sebelumnya sudah dilakukan asesmen di lokasi. Sebanyak 44 pohon dinilai rawan tumbang.

"Hari ini, kami lakukan eksekusi. Semua komponen bersama-sama membersihkan jalur jalan Bandung-Sumedang atau sebaliknya agar tidak berisiko menimbulkan bahwa saat arus mudik Lebaran," ujar Atang.

Pohon yang rawan tumbang dan berpotensi membahayakan pengguna jalan diantaranya karena usianya yang sudah tua, dan ranting pohon yang menjuntai ke jalan. "Kami akan mengamankan jalur ini, agar warga masyarakat dalam menghadapi mudik ini merasa aman, nyaman, dan terlindungi," katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat