visitaaponce.com

Ratusan Ribu Kendaraan masih akan Memasuki Jawa Tengah

Ratusan Ribu Kendaraan masih akan Memasuki Jawa Tengah
Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menggelar konferensi pers di GT Kalikangkung, Jawa Tengah, Minggu (7/4) malam.(MI/Ahmad Safuan)

PUNCAK arus mudik lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung, jawa Tengah, telah berlalu namun rekayasa lalu lintas one way masih diperpanjang hingga Senin (8/4). Polda Jawa tengah memperkirakan masih ada ratusan ribu kendaraan yang akan masuk ke wilayah tersebut hingga H-1 lebaran.

"Puncak mudik di GT Kalikangkung sudah terlewatkan karena puncaknya itu adalah Sabtu (6/4) lalu. Saat itu, jumlah kendaraan yang melintas mencapai 68 ribu unit," kata Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi Minggu (7/4) malam.

Kendati demikian, hingga Minggu malam, jumlah kendaraan yang melintas masih cukup tinggi yakni rata-rata 3.000 unit per jam. Oleh karena itu, untuk kelancaran arus mudik, one way hingga dari GT Kalikangkung sampai GT Bawen diberlakukan kembali.

Baca juga : 2 Jalur di Brebes Perlu Diwaspadai saat Pemberlakuan One Way dalam Mudik Lebaran 2024

Sementara itu di Jalur Pantura Brebes-Rembang, sejak Senin (8/4) dini hari, jumlah kendaraan baik roda empat (mobil) dan roda dua (motor) juga masih banyak memasuki perbatasan Jawa Tengah di Cisanggarung.

"Tadi malam jumlah kendaraan melintas di Pantura cukup banyak rata-rata 20 unit per menit, pagi ini sekitar 10-15 unit per menit," ujar Rendy, petugas di Posko perbatasan Jabar-Jateng.

Ketersendatan lalulintas masih mewarnai di Pantura Jawa Tengah menuju ke arah timur. Itu terjadi karena banjir yang merendam wilayah Kaligawe-Genuk, Kota Semarang. Sebagian kendaraan dialihkan ke jalur alternatif.

Terkait cuaca, sejumlah daerah di Jawa Tengah ditutupi awan mendung pada Senin pagi. BMKG juga telah memberikan peringatan dini cuaca ekstrem yakni hujan lebat di Cilacap, Kota Semarang, Demak, Blora, Kendal, Tegal dan Banjarnegara. Pemudik pun diminta untuk waspada.

"Diperkirakan cuaca ekstrem terjadi pada H-2, diminta tetap waspada bagi pemudik terutama menggunakan sepeda motor," ujar Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap Teguh Wardoyo. (AS/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat