visitaaponce.com

2 Jalur di Brebes Perlu Diwaspadai saat Pemberlakuan One Way dalam Mudik Lebaran 2024

2 Jalur di Brebes Perlu Diwaspadai saat Pemberlakuan One Way dalam Mudik Lebaran 2024
One way jalur mudik harus diwaspadai saat berada di Brebes(MI/Supardji Rasban)

DUA jalur di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang perlu diwaspadai saat arus mudik diberlakukan sistem One Way karena rawan terjadinya kemacetan.

Kapolres Brebes AKBP Guntur M. Tariq menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers di Mako Polres Brebes pada Rabu (27/3).

Dua jalur tersebut terletak di tengah dan selatan wilayah Brebes. Jalur tengah dimulai dari Pejagan, Ketanggungan, Larangan, Songgom hingga Klomengan di Kabupaten Tegal. Sedangkan jalur selatan dimulai dari Klomengan, Prupuk, Tonjong, Bumiayu hingga Pakujati, Paguyangan.

Baca juga : Jelang Arus Mudik, Jalingkut Tegal-Brebes Hubungkan Jakarta Diperbaiki

"Garis tengah, dari Pejagan hingga Klonengan, dan jalur selatan, dari Klonengan hingga Pakujati, Paguyangan, telah menunjukkan peningkatan signifikan saat sistem One Way diberlakukan," ujar Guntur.

Guntur memperkirakan banyak pemudik dari Jakarta menuju Banyumas atau Cilacap akan menggunakan jalur ini saat mudik, sehingga dapat menyebabkan peningkatan volume kendaraan dan meningkatkan potensi kemacetan.

"Meskipun tidak mengalami kemacetan total, volume kendaraan yang padat membuat banyak pemudik menuju Banyumas dan Cilacap merasakan keterbatasan mobilitas," tambah Guntur.

Lebih lanjut, Guntur menyebutkan beberapa ruas jalan di jalur tengah yang perlu diwaspadai karena minim penerangan, seperti ruas Ketanggungan-Larangan-Songgom. Selain minim penerangan, jalur tersebut juga berdekatan dengan aliran sungai.

"Kekurangan penerangan akan kami sampaikan kepada Dinas Perhubungan, semoga dapat dipasang lampu penerangan di wilayah tersebut," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat