visitaaponce.com

Banjir Besar Landa Labuhanbatu Utara seperti Tiga Tahun Lalu

Banjir Besar Landa Labuhanbatu Utara seperti Tiga Tahun Lalu
Kabupaten Labuhanbatu(ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

RATUSAN rumah di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara, terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan yang melanda daerah itu dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu Utara, Yandri Suhadi, yang dihubungi di Aeknopan, Minggu, mengatakan, sebanyak 245 rumah terendam banjir di Kecamatan Kualuh Hilir dan 120 rumah di Kecamatan Kualuhleidong.

"Sedangkan di Aekkanopan Timur Kecamatan Kualuhhulu, ada 150 rumah yang terendam, mengungsi 10 kepala keluarga. Ketinggian air antara 70-80 cm. Sumber air dari luapan Sungai Aekkanopan," katanya.

Komandan Pleton Tim Reaksi Cepat (Danton TRC) BPBD, Herdianto, menambahkan, banjir juga melanda Desa Sonomartani, serta Lingkungan Pulo Tarutung III, dan Lingkungan Tanah Rendah Kelurahan Aekkanopan Kecamatan Kualuh Hulu. Akibatnya, air menggenangi sekitar 300 rumah warga. Banjir juga meluas hingga ke Kecamatan Aeknatas.

"Setelah menangani banjir di Kualuh Hulu, kami sekarang menuju Kualuh Hilir dengan membawa tenda. Mereka ada yang sudah mengungsi," kata Herdianto.

Camat Kualuh Hilir, H Abdul Fattah, mengatakan, banjir serupa pernah terjadi sekitar tiga tahun lalu. Dikatakannya, banjir kali ini mengakibatkan ratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi.

"Ketinggian air lebih dari 1 meter," katanya.

Banjir tersebut juga melanda rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara. BPBD juga sudah mengirimkan sejumlah perahu karet di lokasi banjir seperti di Perumahan Tanjungsari dan Perumahan Bumi Asri. (OL-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat