visitaaponce.com

Gunung Raung di Jawa Timur Kembali Erupsi

Gunung Raung di Jawa Timur Kembali Erupsi
Embusan material vulkanis Gunung Raung tahun 2015(MI)

GUNUNG Raung yang berbatasan dengan kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur, mengalami erupsi pada Kamis (16/7) pagi.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Raung Banyuwangi Mukijo mengatakan dari rekaman cctv maupun laporan masyarakat, terlihat asap cokelat keluar dari puncak Gunung Raung setinggi 3260 mdpl.

"Mulai tadi pagi sampai menjelang siang memang terlihat asap dari pos PGA maupun laporan dari masyarakat," kata Mukijo kepada mediaindonesia.com saat di konfirmasi via telpon, Kamis (16/7).

Mukijo menjelaskan, aktivitas vulkanik Gunung Raung mulai mengalami peningkatan sejak malam hari, yakni berupa gempa embusan.

"Ada rekaman gempa-gempa embusan intens sejak dini hari tadi," imbuhnya.

Baca juga: Terjebak Kebakaran, 13 Pendaki Gunung Raung Lolos dari Maut

Meski ada sedikit peningkatan aktivitas vulkanis, lanjut Mukijo, pihaknya menegaskan status Gunung Raung saat ini masih normal. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Status masih normal. Kalau dari Pos PGA visual berkabut, cuma terlihat sebentar gunungnya pagi tadi," ungkapnya.

Dikatakan Mukijo, gunung raung terakhir erupsi pada tahun 2015. Namun, tahun ini aktivitas Gunung Raung mulai kembali terlihat.

"Terakhir erupsi tahun 2015, dan saat ini masih terus kami pantau tapi secara visual dari jam 07.30 WIB tidak terlihat karena tertutup oleh kabut," pungkasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat