visitaaponce.com

ESDM Status GunungRaung Naik ke Level Waspada

ESDM: Status Gunung Raung Naik ke Level Waspada
Potret semburan abu vulkanik Gunung Raung terlihat di Desa Kalianyar, Jawa Timur.(Antara)

PEMANTAUAN yang dilakukan PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM menunjukkan bahwa aktivitas Gunung Raung di Jawa Timur naik menjadi level II atau waspada.

Pada pengamatan Rabu (27/7) lalu, terekam gempa letusan yang menunjukkan terjadinya peningkatan tekanan secara tiba-tiba pada permukaan yang dangkal. Ini terjadi setelah adanya peningkatan gempa vulkanik dangkal, gempa hembusan dan gempa tektonik jauh.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono menjelaskan telah terjadi pergerakan pusat tekanan menuju permukaan, yang selanjutnya menghasilkan letusan eksplosif.

Baca juga: Gunung Raung Mengeluarkan Abu Vulkanis

"Berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, serta belum stabilnya kondisi kawah Gunung Raung, terhitung 29 Juli 2022 tingkat aktivitas Gunung Api Raung dinaikkan dari Level I (normal) menjadi Level II (waspada)," ujar Eko dalam keterangannya, Jumat (29/7).

Pihaknya masih melakukan pemantauan secara intensif untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Raung. Serta, berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca juga: Dua Kecamatan di Jember Terdampak Erupsi Gunung Raung

"Status kegiatan Gunung Raung akan dinaikkan atau diturunkan, jika terjadi peningkatan atau penurunan aktivitas," imbuhnya.

Adpaun potensi ancaman bahaya saat ini berupa lontaran material batuan pijar. Namun, sebarannya masih terbatas di dalam kawah. Sedangkan, material berukuran abu dapat tersebar lebih jauh, tergantung arah dan kecepatan angin.

Pihaknya mengimbau masyarakat dan pengunjung tidak mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 km. "Masyarakat juga diharap tenang dan tidak terpancing isu tentang erupsi Gunung Raung. Serta, mengikuti arahan dari BPBD Jawa Timur," tutur Eko.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat