visitaaponce.com

Cirebon Bersiap Lakukan Vaksinasi Covid-19

Cirebon Bersiap Lakukan Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi vaksin covid-19(dok.medcom)

KOTA Cirebon, Jawa Barat membutuhkan sekitar 50 ribu vaksin. Petugas kesehatan sudah disiapkan untuk memberikan vaksinasi kepada warga.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarton menjelaskan bahwa mereka kini tengah bersiap menanti kedatangan vaksin Sinovac asal Tiongkok. "Kota Cirebon membutuhkan sebanyak 50 ribu vaksin," ungkap Edy, Rabu (9/12).

Nantinya vaksinasi ini menurut Edy akan disalurkan serentak pada Januari 2021 ke puluhan ribu tenaga medis yang ada di Pulau Jawa dan Bali. Termasuk pula TNI dan Polri. "Kami juga sudah siap melakukan vaksinasi," ungkap Edy.

Dijelaskan Edy, pihaknya sudah menyiapkan tenaga vaksinator dari 22 puskesmas yang ada di Kota Cirebon. Mereka juga sudah dilatih melalui pelatihan secara online. "Saya sendiri menyarankan sebanyak 70 persen masyarakat Kota Cirebon divaksinasi," ungkap Edy. Dengan begitu, 30 persen masyarakat lainnya,termasuk yang memiliki penyakit penyerta bisa terlindungi.

Nantinya, lanjut Edy, vaksinasi akan dilakukan sebanyak dua kali. "Jadi warga harus dua kali divaksinasi," ungkap Edy. Minggu pertama yang kemudian dilanjutkan minggu berikutnya. Vaksinasi ini tidak boleh putus, dan harus dilakukan dua kali. Tidak ada efek samping bagi warga yang divaksinasi.

Sementara itu dari Kabupaten Cirebon dilaporkan, Dinas Kesehatan setempat menyatakan kesiapan mereka untuk melakukan program vaksinasi. "Sebanyak 1,5 juta usia dewasa akan mendapatkan vaksinasi covid-19 tahun depan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Enny Suhaeni.

Pihaknya, lanjut Enny, juga telah menyiapkan petugas untuk program vaksinasi di 60 puskesmas yang ada di Kaubpaten Cirebon. "Semua SDM di puskesmas sudah terlatih, ada juga satu orang di Dinkes yang bertugas sebagai koordinator," ungkap Enny. (OL-13)

Baca Juga: Zona Merah Covid Kalteng Bertambah Menjadi Empat Daerah

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat