visitaaponce.com

Tebing Jalan Kolonel Masturi Longsor Ancam Jalur Lembang-Cimahi

Tebing Jalan Kolonel Masturi Longsor Ancam Jalur Lembang-Cimahi
Imbauan hati-hati dipasang di sekitar lokasi longsor Jalan Kolonel Masturi di Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Sabtu (26/12).(MI/Depi Gunawan)

MENJELANG penghujung tahun, bencana longsor kembali terjadi di Kabupaten Bandung Barat. Kali ini, tebing tepi Jalan Kolonel Masturi di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua longsor pada Sabtu (26/12) sekitar pukul 14.30 WIB.

Bongkahan material tebing setinggi puluhan meter ambrol ke kawasan objek wisata Curug Pelangi. Sebelumnya, tanda-tanda retakan longsor sudah terlihat sejak Kamis (24/12) malam.

Untuk mencegah korban jiwa, pihak kepolisian sudah memasang pembatas jalan (traffic cone) di sekitar lokasi kejadian. "Kemarin jalan retak saat hujan deras. Hari ini kembali turun hujan sehingga longsor pun terjadi," kata Kepala Resor Pemangku Hutan (KRPH) Cisarua, Ocep Dasila, di lokasi.

Atas peristiwa tersebut, jalan alternatif Cimahi-Lembang terancam putus. Agar longsor tidak semakin parah dan menghindari korban jiwa, jalan hanya diberlakukan satu lajur. Petugas kepolisian dibantu warga memberlakukan buka tutup jalur dari kedua arah.

Baca juga: Ini Penyebab Terbakarnya Altar Gereja Labuanbajo
 
Tidak hanya merusak akses penghubung serta mengancam keselamatan pengguna jalan, longsor juga mengganggu kunjungan objek wisata Curug Pelangi yang berada tepat di bawah jalan tersebut.

"Kami ukur panjang longsor sekitar 15 meter. Kami mengimbau pengguna kendaraan tidak terlalu mepet ke pinggir jurang," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Cimahi Ajun Komisaris Susanti Samaniah menjelaskan, kepolisian telah mengalihkan arus lalu lintas kendaraan dari arah Cimahi dan Lembang agar tidak melintasi lokasi longsor.

"Kami telah memberikan imbauan kepada masyarakat, kendaraan yang mengarah ke TKP longsor sudah dialihkan menuju arah Cimahi dulu, kemudian bisa ke Cihanjuang. Begitu pun kendaraan dari arah Lembang dialihkan berbelok di Universitas Advent (UNAI)," ungkap Susanti. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat