visitaaponce.com

Pemkot Palembang Akan Perluas Lahan Permakaman Pasien Covid-19

Pemkot Palembang Akan Perluas Lahan Permakaman Pasien Covid-19
Ilustrasi(ANTARA)

KASUS kematian karena Covid-19 di Kota Palembang, Sumatera Selatan terus meningkat. Saat ini, angka kematian di Palembang mencapai 801 orang. 

Kondisi tersebut membuat Pemerintah Kota Palembang berencana menambah areal pemakaman khusus pasien Covid-19 di kawasan TPU Gandus Hill seluas satu hektare. Ini sebagai antisipasi apabila lahan seluas dua hektare yang telah digunakan sejak Mei 2020 kemarin penuh. 

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palembang, Affan Prapanca Mahali, saat ini keterisian lahan tersebut sudah 70 persen terhitung sejak pandemi Covid-19. "Untuk lahan Covid-19 TPU Gandus pada  tahap awal disiapkan seluas 2. Namun dalam waktu dekat akan disiapkan lagi penambahan untuk areal baru sekitar satu hektar, lokasinya masih di TPU Gandus Hill. Total keseluruhan lahan yang kita punya adalah 5 hektare," ucapnya, Rabu (28/7).

Affan menjelaskan, saat ini pasien Covid-19 yang dimakamkan sesuai dengan permintaan pemakaman dari rumah sakit yang ada di wilayah Kota Palembang atau warga Kota Palembang yang meninggal di luar kota. "Ada juga yang dari luar minta dimakamkan di Palembang, saat di rawat mungkin dari RS di luar Palembang namun untuk pemakaman permintaannya di Palembang. Kita tetap akan terima," jelasnya.

Total petugas penggali ada empat orang dan dua cadangan standby di lokasi. Dalam sehari, kini petugas melakukan penggalian lubang makam untuk pasien Covid-19 sebanyak 1-6  orang.

"Jumlahnya fluktuatif. Untuk upah telah dibayarkan sesuai dengan jumlah lubang yang digali," katanya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat