visitaaponce.com

Bangkai Paus dengan 22 Luka Tusuk Terdampar di Sumba

Bangkai Paus dengan 22 Luka Tusuk Terdampar di Sumba
Bangkai paus jantan dengan 22 luka tusukan terdampar di Pantai Pelabuhan Waikelo, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Minggu (10/10)(dok.BKKPN NTT)

BANGKAI Paus Sperma (Physeter macrocephalus) jantan dengan 22 luka tusuk, ditemukan terdampar di Pantai Pelabuhan Waikelo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) NTT, Imam Fauzi di Kupang, Senin (11/10) mengatakan, bangkai paus ditemukan oleh seorang nelayan bermama Ahmad pada Minggu (10/10).

"Terdapat beberapa luka seperti luka tusuk sebanyak 22 buah di seluruh tubuhnya, dua luka di antaranya berada di sekitar lubang nafas dengan luka cukup dalam. Terdapat memar/abses di rahang belakang, di kedua matanya luka dan mengeluarkan darah, Sirip pectoral sebelah kanan diketahui dalam kondisi patah," kata Imam Fauzi.

Saat ditemukan, mamalia tersebut dalam kondisi utuh dan lengkap dengan panjang total 5,8 meter, lingkar badan terbesar 2,98 meter, dan lebar ekor 1,8 meter.

Menurutnya, nelayan Ahmad menarik bangka paus ke area pelabuhan sebelum dilaporkan ke dinas perikanan setempat. Sedangkan, Tim Quick Response BKKPN NTT dari Kupang tiba di Waikelo pada Minggu siang untuk melakukan pengumpulan data.

Selanjutnya, bangkai paus diangkut dengan crane untuk dikuburkan di Dusun Ledegiri, Desa Radamata, Kota Tambolaka pada pukul 22.00 Wita. "Lokasi penguburan itu dipilih karena jauh dari permukiman warga dan struktur tanah yang cocok untuk dilakukan penguburan," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Khofifah Klaim 32 Kabupaten/Kota di Jatim Berstatus PPKM Level 1

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat