visitaaponce.com

Akibat Susur Sungai yang Tewaskan 11 Orang, MTs Harapan Baru Hentikan PTM Terbatas

Akibat Susur Sungai yang Tewaskan 11 Orang, MTs Harapan Baru Hentikan PTM Terbatas
Bangunan Madrasah Tsanawiyah Harapan Baru, Ciamis.(MI/Kristiadi)

MADRASAH Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru Kabupaten Ciamis menghentikan kegiatan sementara pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan harus kembali melakukan daring. Penghentian pembelajaran tersebut dilakukan pascatewasnya 11 siswa dalam kegiatan susur sungai di Sungai Cileueur, Kecamatan Cijeungjing, Jumat (15/10) lalu.

Kepala Sekolah MTs Harapan Baru Cijantung Idah Faridah mengatakan kegiatan PTM terbatas dihentikan sementara lantaran masih dalam suasana berkabung dan kegiatan bisa dilakukan di rumah secara daring mulai Senin (18-/10). 

Penghentian kegiatan belajar diharapkan bisa membantu pemulihan korban terutama yang selamat dari musibah tersebut.

Baca juga: Psikis Korban Dugaan Tindak Asusila Kapolsek Parigi Moutong Terguncang

"Sebagai bentuk pemulihan trauma healing pascakejadian. Semoga musibah ini menjadi terakhir dan pelajaran berharga bagi kita semua. Kami menyampaikan permintaan maaf dan belasungkawa atas kejadian selama itu dan juga meminta maaf karena baru bisa menyampaikan belasungkawa secara umum," katanya, Selasa (19/10).

Ia mengatakan, penghentian PTM itu diharapkan bisa membantu penulihan korban yang selamat atas kejadian di Sungai Cileueur. Penghentian PTM itu juga dilakukannya sebagai bentuk kepedulian Pondok Pesantren Cijantung. 

Proses PTM dilakukan secara daring karena di sekolah masih berkabung atas kejadian yang menimpa siswa siswi kelas 7 dan 8 di aliran Sungai Cileueur.

"Permohonan maaf baru bisa disampaikan saat ini sehubungan kemarin memang kami fokus pada penanganan korban dan masalah terkait dengan kejadian. Kami menghaturkan permohonan maaf sebesar-besarnya dan duka cita mendalam atas musibah yang menimpa putra putri terbaik kami semoga bapak ibu dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT," ujarnya melalui kanal YouTube Ponpes Al-Quran Cijantung.

Sebelumnya, tim SAR gabungan menemukan 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia setelah tenggelam di Sungai Cileueur, Leuwi ili, Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Jumat (15/10) pukul 17.20 WIB. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat mengatakan tim SAR gabungan menemukan 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung dalam kondisi meninggal dunia dan semuanya telah berada di kamar jenazah RSUD Ciamis. 

Dalam musibah tersebut, dua korban berhasil diselamatkan warga setempat hingga kondisinya masih dirawat di rumah sakit.

"Kami bersama tim SAR gabungan mulai dari BPBD Ciamis, TNI, Polri, Basarnas, Tagana, PMI, Rapi, dibantu warga setempat melakukan pencarian terhadap korban yang tenggelam di aliran Sungai Cileueur, Leuwi ili dan korban yang sudah ditemukan itu 11 orang meninggal dunia tapi ada dua orang kondisinya selamat dan sudah mendapatkan perawatan di RSUD Ciamis," katanya, Jumat (15/10) malam. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat