visitaaponce.com

Warga Jangan Dulu Melintas di Jalan Trans Kalimantan-Bukit Rawi Berbahaya

Warga Jangan Dulu Melintas di Jalan Trans Kalimantan-Bukit Rawi Berbahaya
Kepolisian meminta masyarakat tidak melintas di Trans Kalimantan-Bukit Rawi karena ketinggian air lebih dari 1 meter, Selasa (16/11)(dok.Humas Polda Kalteng)

POLDA Kalteng minta kepada warga untuk sementara tidak melintasi daerah banjir yang terjadi di Jalan Trans Kalimantan di Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau akibat debit air semakin tinggi hampir mencapai 1 meter.

Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, S.H., M.H. mengatakan sampai sekarang pihaknya terus melakukan monitoring perkembangan titik-titik banjir serta memasang spanduk himbauan untuk menghalau kendaraan yang menuju ke arah lokasi banjir.

"Kami bersama TNI, BPBD, Dishub, Dinsos, Satpol PP dan Damkar juga sudah menyiapkan posko dan dampur umum bagi warga yang terdampak banjir," ucap Eko seperti yang dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip Selasa (16/11).

Untuk diketahui, dari informasi, saat ini ketinggi debit air naik hingga mencapai sekitar 97cm akibat hujan yang terjadi selama sepekan ini sehingga mengakibatkan  meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS Kahayan) yang lokasinya berdekatan dengan jalan tersebut.

Padahal jalan ini merupakan akses penting yang menghubungkan Palangka Raya dengan sejumlah Kabupaten yang berada di DAS Barito seperti Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya  dan juga Gunung Mas.

Memang ada jalur lain untuk sampai ke k abupaten yang berada di DAS Barito tersebut,  yakni dengan cara memutar dari Palangka Raya dengan melewati sejumlah kabupaten di Kalsel.Namun jika melewati jalur ini jarak tempuh semakin jauh yakni sekitar 15 jam, sementara bila melewati Jalan yang banjir itu hanya sekitar 4-6 jam.

Dibagian lain Kabid Humas Polda Kalteng mengatakan, akses jalan utama yakni Jalan Lintas Kalimantan - Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas sudah ditutup karena tidak bisa dilalui kendaraan apapun.

"Kami himbau kepada warga yang hendak melintasi jalur Lintas Kalimantan - Kuala Kurun untuk tidak berpergian jika tidak ada keperluan mendesak," pesan Eko. (OL-13)

Baca Juga: Pasar Kahayan masih Kebanjiran Pedagang Pilih Tak Jualan

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat