visitaaponce.com

Pemkab Purwakarta Gelar Festival Holtikultura

Pemkab Purwakarta Gelar Festival Holtikultura
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membuka Festival Holtikultura di Kebun Percontohan Agroeduwisata Kebon Ambu, Kiarapedes, Senin (20/12)(MI/Reza Sunarya )

PEMKAB Purwakarta, Jawa Barat menggelar Festival Holtikultura di Kebun Percontohan Agroeduwisata Kebon Ambu, Desa Parakan, Kecamatan Kiarapedes, Senin (20/12). Kegiatan ini sebagai salah satu upaya peningkatan produksi sayur dan buah di Kabupaten Purwakarta serta penyebarluasan teknologi budidaya hortikultura kepada pihak petani, pelaku agribisnis hortikultura, pengambil kebijakan, akademisi dan masyarakat.

Menurut Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan penataan sentra-sentra produksi di kabupaten dan kota penyangga ibukota. Tujuannya agar pasokan dan harga komoditas yang rentan menyumbang inflasi, bisa terjaga stabil sepanjang tahun.

"Kementan terus mengkampanyekan gerakan produksi ramah lingkungan, yakni gerakan dorong produksi, daya saing dan ramah lingkungan hortikultura (Gedor Horti) yang merupakan gerakan terpadu yang mengkombinasikan berbagai strategi untuk menggolkan target peningkatan produksi komoditas strategis sebesar 7 persen per tahun, fokus utamanya mengamankan ketersediaan dan harga komoditas strategis seperti cabai dan bawang merah," kata Anne, Senin (20/12).

Dikatakan Anne, pada 2021 ini, subsektor hortikultura di Kabupaten Purwakarta mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian berupa Rumah Produksi Higienis sebanyak 2 unit yaitu di Desa Salem Kecamatan Pondok Salam dan Desa Wanawali Kecamatan Cibatu, Kumbung Jamur sebanyak 1 unit di Desa Sukahaji Kecamatan Tegalwaru, Kawasan Cabai seluas 30 hektare di Desa Cilingga Kecamatan Darangdan, Kawasan Bawang Merah seluas 30 hektare di Desa Bojong Timur Kecamatan Bojong, Kawasan Durian seluas 20 hektare di Desa Salem dan Tanjung Sari Kecamatan Pondok Salam.

"Selain itu, ada juga kawasan Alpukat seluas 10 Hektar di Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong, Kawasan Lengkeng 10 Hektar di Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur, Kendaraan Roda Tiga sebanyak 4 unit di Desa Salem, Cibingbin, Babakan dan Pasir Munjul, Bantuan Solar Dyer (Alat Pengering Komoditas Perkebunan) di Desa Wanayasa dan Cihanjawar Kecamatan Bojong," jelas Anne.

Lebih jauh, Anne berharap kedepannya kebun aset Pemerintah Daerah Kabupten Purwakarta ini bisa menjadi salah satu destinasi baru pariwisata yang berbasis pertanian atau eduagrowisata, serta menjadi sarana peningkatan ekonomi mikro masyarakat setempat yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan.

"Gerakan ini diharapkan dapat menimbulkan semangat peningkatan produksi sayur dan buah terutama untuk komoditas-komoditas hortikultura unggul khas Purwakarta," jelasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat