visitaaponce.com

Jumlah Penumpang di Bandara Adisutjipto Alami Peningkatan

Jumlah Penumpang di Bandara Adisutjipto Alami Peningkatan
Ilustrasi.(ANTARA)

JUMLAH penumpang pesawat di Bandara Adisutjipto, DIY mengalami peningkatan menjelang Natal dan tahun baru 2022 (Nataru). Rata-rata penumpang harian pada Desember meningkat sebanyak 20 persen dibanding November.

"Sampai dengan 23 Desember, Bandara Adisutjipto mencatatkan 21.000 penumpang," terang Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (24/12).

Jumlah tersebut merupakan peningkatan jika dibandingkan sepanjang November yang hanya 22.000 penumpang. Angka vaksinasi di Indonesia yang sudah cukup baik serta harga PCR yang lebih terjangkau, nilai dia, diperkirakan menjadi pendorong meningkatnya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan udara.

Angka vaksinasi di Indonesia yang tinggi membuat masyarakat lebih percaya untuk melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara. "Ketika masyarakat sudah melakukan vaksinasi lengkap, secara regulasi, mereka juga lebih mudah (untuk berpergian dengan menggunakan pesawat) karena cukup melampirkan hasil antigen saja," jelas dia.

Agus Pandu menambahkan regulasi perjalanan udara akan disesuaikan dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan no. 111 tahun 2021 selama masa Pembatasan Perjalanan periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. Untuk pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap, mereka cukup melampirkan hasil antigen yang berlaku 1 x 24 Jam setelah hasil keluar.

Sementara bagi pelaku perjalanan udara yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap, mobilitas mereka dibatasi untuk sementara. "Surat Edaran Kementerian Perhubungan no.111 Tahun 2021 mulai berlaku pada 24 Desember hingga 2 Januari 2022," imbuh dia.

Bagi para pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan pada tanggal tersebut, Agus Pandu memohon calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta memahami peraturan yang berlaku demi kenyamanan dan keamanan bersama. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat