visitaaponce.com

Ganjar Minta Penegak Hukum Segera Menindak Penambangan Liar di Kendeng

Ganjar Minta Penegak Hukum Segera Menindak Penambangan Liar di Kendeng
Gubernr Jawa Tengah Ganjar Pranowo(dok.mi)

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta penegak hukum segera menindak tegas aksi penambangan liar di kawasan Pegunungan Kendeng Utara, Desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan.

"Saya minta penegak hukum segera menindak, karena penambangan liar di Gunung Kendeng itu tidak hanya merusak lingkungan tetapi juga membahayakan keselamatan warga," kata Ganjar Pranowo kepada Media Indonesia, Senin (10/1).

Bahkan tidak hanya di Pegunungan Kendeng, lanjut Ganjar Pranowo, penambangan liar do berbagai kawasan seperti lereng merapi di Kabupaten Magelang, Klaten ataupun Boyolali juga diminta kepada penegak hukum untuk segera menindak tegas, dalam hal ini telah berkoordinasi dengan Polda Jateng.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Polda Jateng, ungkap Ganjar Pranowo,kepolisian akan membuat tim khusus untuk penindasan penambangan ilegal di provinsi ini, Tim Khusus Puser Bumi bentukan Polda tersebut diharapkan segera beroperosi. "Kita tunggu gerakan tim ini," imbuhnya.

Pembentukan tim khusus ini, ujar Ganjar Pranowo, karena banyak keluhan warga di sekitar penambangan galian c, karena penambangan liar itu menimbulkan bencana, korban jiwa dan merugikan negara, di sini tugas tim adalah menertibkan, miminimalisasi kerusakan lingkungan dan sumber daya manusia serta mencegah timbulnya korban jiwa.

"Saya selalu deg-degan setiap diingatkan saat ini musim penghujan jadi rawan bencana, banyak laporan yang masuk kerusakan lingkungan itu," ujarnya.

Penambang ilegal dapat dipastikan tidak mmenggunakan cara penambangan yang baik dan benar, menurut Ganjar negara tidak dapat apa-apa, rakyat lebih dari itu karena lingkungan rusak, jalan hancur, sumber mata air hilang dan bencana menanti. (OL-13)

Baca Juga: Sufmi Dasco Bantah DPR Perlambat Pengesahan RUU TPKS

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat