visitaaponce.com

Stok Minyak Goreng di Ritel Palembang Aman, Pemprov Sumsel Minta tak Aksi Timbun

Stok Minyak Goreng di Ritel Palembang Aman, Pemprov Sumsel Minta tak Aksi Timbun
(MI/Dwi Apriani)

MESKI harga minyak goreng di pasar tradisional masih cukup tinggi, masyarakat bisa mendapatkan harga minyak goreng murah Rp14.000 di ritel. Dan saat ini ritel di Palembang memastikan stok minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter tetap tersedia.

Salah satunya, JM Group yang menyatakan minyak goreng kemasan tersedia di seluruh jaringan supermarket lokal tersebut. Corporate General Affair Manager JM Group Deny Mulyawan mengatakan pihaknya menerapkan aturan untuk konsumen agar tidak terjadi aksi borong.

''Kami membatasi pembelian di mana satu orang hanya boleh membeli satu kemasan minyak goreng,'' katanya, Selasa (1/2/2022). 

Ia menambahkan pihaknya tidak menerapkan pengawasan ketat, hanya saja kasir tetap mengingatkan konsumen saat membayar manakala melebihi batas ketentuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Ahmad Rizali mengatakan kesulitan masyarakat dalam membeli minyak goreng lantaran faktor distribusi barang. ''Memang terjadi kendala dalam pendistribusian, sebab tak disangka antusias masyarakat begitu besar yang mengakibatkan minyak goreng cepat habis,'' katanya.

Menurutnya, tidak ada yang menimbun ataupun menyimpan dalam jumlah banyak. "Karena itu kami minta agar masyarakat tidak menimbun dan tidak beli berlebihan. Karena stok kami pastikan aman," ucapnya.

Rizali memastikan, stok minyak goreng aman hingga enam bulan ke depan. Terutama ketersediaan saat perayaan Idul Fitri pada Mei mendatang. ''Sumsel sudah menyiapkan 45 sampai 60 juta ton minyak goreng. Sedangkan yang disediakan sebanyak 8 juta liter per bulan," ujar dia.

Adanya stok itu, pihaknya memastikan penjualan minyak goreng di Sumsel cukup selama enam bulan mendatang. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak panik menanggapi penurunan harga minyak goreng. "Jadi, tidak perlu khawatir, stok minyak goreng cukup," pungkasnya. (DW/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat