visitaaponce.com

Kepulauan Morotai Dilanda Gempa 5,2 SR

Kepulauan Morotai Dilanda Gempa 5,2 SR
Nelayan beraktivitas di Pulau Daloha, Morotai, Maluku Utara.(Antara)

GEMPA bumi dengan kekuatan 5,2 SR melanda wilayah Kepulauan Morotai, Maluku Utara, pada Rabu (9/3) sekitar pukul 08.49 WIB. 

Adapun guncangan dirasakan sedang warga di Kabupatan Kepulauan Morotai. Pusat gempa berada pada 60 km Timur Laut Daruba, Maluku Utara, dengan kedalaman 14 km.

BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai melaporkan guncangan dirasakan warga sekitar 2 hingga 3 detik. Saat ini, dampak gempa masih dalam pemantauan BPBD dan belum ada laporan korban jiwa, maupun kerusakan bangunan.

Baca juga: Temuan Sumber Baru Gempa Pasaman Bisa Picu Gempa pada Patahan Lain

"Berdasarkan analisis pemodelan dari parameter gempa, ini tidak berpotensi tsunami," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resmi, Rabu (9/3)

Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada guncangan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, menunjukkan wilayah Morotai mencapai II–III MMII. Lewat analisis InaRISK, diketahui Morotai merupakan wilayah dengan potensi bahaya gempa bumi berkategori sedang hingga tinggi.

Baca juga: Belasan Rumah Warga Mojokerto Rusak Diterjang Angin Kencang

"Ada 5 kecamatan di kabupaten ini berada pada potensi tersebut, dengan jumlah luas daerah yang terpapar bahaya mencapai 234.210 hektare," imbuhnya.

Menyikapi potensi bahaya gempa bumi di daerah Kepulauan Morotai, BNPB mengimbau warga agar memahami potensi risiko kegempaan di wilayah masing-masing. Berikut, tetap siaga sesuai kondisi rumah masing-masing.

"Upayakan agar tidak menaruh barang-barang yang berpotensi jatuh dan menghalangi evakuasi saat gempa," kata Abdul.(OL-11)




Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat