visitaaponce.com

Sawit dan Karet Tetap Jadi Andalan Kalsel

Sawit dan Karet Tetap Jadi Andalan Kalsel
Pekerja menimbang tandan buah segar (TBS) kelapa sawit(ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

KOMODITAS kelapa sawit dan karet tetap menjadi andalan pengembangan sektor pertanian di Provinsi Kalimantan Selatan. Kalsel siap menjadi penyangga produk pertanian ibu kota baru negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini terungkap dalam Musrenbang Pertanian Provinsi Kalsel Tahun Anggaran 2023 yang berlangsung di Banjarbaru. Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan pertanian merupakan sektor yang tidak terlalu terdampak pandemi covid-19, bahkan pembangunan pertanian lingkup perkebunan dan peternakan, mengalami perkembangan dan kemajuan cukup pesat.

Karena itu, Pemprov Kalsel akan memfokuskan program prioritas berbasis komoditas unggulan, seperti kelapa sawit, karet, kopi, sapi potong dan itik. Berbagai program prioritas yang mulai dijalankan di antaranya integrasi kelapa sawit - sapi potong berbasis kemitraan usaha ternak inti plasma (siska ku intip).

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kalsel Suparmi menegaskan melalui forum musrenbang pertanian ini dapat memantapkan penyusunan rencana kerja pembangunan lingkup pertanian, provinsi dan kabupaten/kota, guna terwujudnya pembangunan pertanian yang lebih baik.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin Siap Gugat UU Provinsi Kalsel ke MK

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalsel Syamsir Rahman mengungkapkan dua kabupaten di wilayah tersebut diusulkan menjadi kawasan food estate untuk pengembangan komoditas padi dan jagung seluas 50 ribu hektare. Dua kabupaten dimaksud yakni Barito Kuala untuk pengembangan tanaman padi dan Tanah Laut untuk jagung.

"Kita telah mengusulkan dua kabupaten di Kalsel, Barito Kuala dan Tanah Laut menjadi bagian kawasan food estate kepada pemerintah," kata Syamsir.

Kalsel menyatakan kesiapan menjadi daerah penyangga pangan ibu kota negara, baik komoditas pertanian maupun peternakan.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat