visitaaponce.com

7 Warga Desa Cikande Bandung Barat Mengungsi Akibat Pergerakan Tanah

7 Warga Desa Cikande Bandung Barat Mengungsi Akibat Pergerakan Tanah
Rumah ambruk di Bandung Barat akibat pergerakan tanah(Dok BPBD)

SEBANYAK tujuh warga Kampung Ciwur, RT 02/10, Desa Cikande, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, harus mengungsi karena rumahnya rata dengan tanah. Mereka terpaksa pindah ke tempat lebih aman akibat wilayahnya terdampak bencana pergerakan tanah. Beruntung, dalam peristiwa yang terjadi pada Senin (6/6) malam, tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Amas Winata mengungkapkan luas wilayah yang terdampak pergerakan tanah mencapai sekitar satu hektare.

"Untuk rumah warga yang terdampak rusak berat ada dua rumah, ambruk rata dengan tanah. Tiga rumah di sekitarnya kini juga terancam," kata Amas, Selasa (7/6).

Rumah yang rusak milik Oman, 51, yang dihuni sebanyak tujuh orang. Amas menjelaskan, pergerakan tanah mulai terjadi sejak 20 Mei kemudian makin parah akibat intensitas hujan. Setelah itu, rumah warga mengalami retak-retak pada bagian dinding, retakan itu semakin parah hingga akhirnya ambruk. Beruntung sebelum kejadian, para penghuninya sempat menyelamatkan diri ke luar rumah.

"Dipastikan tidak ada korban, mereka sementara ini harus mengungsi ke rumah kerabatnya," tuturnya.

Baca juga: Jaksel dan Jaktim Rawan Pergerakan Tanah, BPBD: Kenali Tandanya

BPBD akan menggandeng Geolog untuk meneliti pergerakan tanah di wilayah tersebut supaya diketahui tingkat kerawanan bagi permukiman warga. Apalagi, pergerakan tanah di sekitarnya semakin meluas dan bisa membahayakan keselamatan warga.

"Kita pertimbangkan menerjunkan tim Geolog, apakah masih aman atau tidak dihuni warga karena pergerakan tanah masih terjadi sampai hari ini," pungkasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat