visitaaponce.com

Warga Lebak Mengungsi akibat Rumah Rusak Dilanda Tanah Bergerak

Warga Lebak Mengungsi akibat Rumah Rusak Dilanda Tanah Bergerak
Warga menunjukkan tembok yang retak dan hancur akibat bencana tanah bergerak di Desa Kajen, Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.(Antara/Oky Lukmansyah.)

SEBANYAK 30 orang dari enam keluarga di RT 05 RW 01 Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengungsi ke tempat aman akibat tanah bergerak. Musibah ini menyebabkan rumah mereka rusak berat.

"Semua warga mengungsi. Ada yang tinggal di rumah orangtua dan kerabat," kata Baharuddin, 60, seorang tokoh warga
Kalanganyar di Lebak, Selasa (14/6). Tanah bergerak di Kalanganyar terjadi pada Jumat (10/6) pukul 18.30 WIB. 

Bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya enam rumah rusak berat dan jalan yang menghubungkan antardesa ambles sepanjang 70 meter dengan kedalaman dua meter.

"Kami berharap pemerintah daerah dapat memberikan bantuan pembangunan hunian tetap (huntap) di relokasi yang terbebas dari ancaman bencana alam," katanya. Ia mengaku rumahnya juga terdampak tanah bergerak, tetapi tidak rusak berat.

Baca juga: Bertambah, Hewan Ternak yang Terpapar PMK di Kabupaten Cirebon

Namun, dua rumah anaknya rusak berat hingga rata dengan tanah. Tanah bergerak di wilayahnya itu, kata dia, pada Januari 2022 juga membuat dua rumah rusak berat. "Kami memperkirakan kerusakan bangunan rumah anak saya itu menimbulkan kerugian hingga Rp400 juta," katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agus Reza Faisal mengatakan hingga saat ini belum ada jawaban dari pemerintah daerah untuk alokasi pembangunan huntap bagi mereka yang terdampak tanah bergerak. Namun, pemerintah daerah dalam waktu dekat akan memberikan bantuan dana tunggu hunian (DTH) sebesar Rp500 ribu/bulan untuk menyewa rumah. (Ant/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat