visitaaponce.com

Muhammadiyah Dukung USAID dan Kemenkes Berikan Vaksinasi di Kabupaten Alor

Muhammadiyah Dukung USAID dan Kemenkes Berikan Vaksinasi di Kabupaten Alor
Wakil Bupati Alor dengan ketua MPKU PP Muhammadiyah dan USAID di kantor Bupati Alor, Kalabahi.(DOK Pribadi.)

MENTARI TB for Covid-19 kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi di Alor untuk tahap kedua. Itu merupakan program percepatan vaksinasi di bawah naungan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang didukung oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Kementerian Kesehatan.

Melalui pembukaan Vaksinasi Massal Muhammadiyah Untuk Semua pada Rabu (19/7) yang dihadiri langsung oleh perwakilan USAID, Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Bupati Alor, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Alor, beserta Kepala Puskesmas se-Kabupaten Alor, Muhammadiyah dan USAID berkomitmen terus membantu percepatan vaksin terutama di area timur Indonesia, khususnya daerah yang sulit dijangkau dan daerah dengan akses terhadap vaksin yang masih minim. Berbicara dalam sambutan acara, Ketua Umum MPKU PP Muhammadiyah Agus Samsudin menyampaikan melalui program vaksinasi Mentari TB for Covid-19 pihaknya berhasil melaksanakan percepatan vaksinasi di 25 provinsi dan terdiri dari 71 kota/kabupaten ditambah 20 sentra vaksinasi Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia dengan total capaian 668.884, termasuk Kabupaten Alor. 

"Tidak sampai di situ, kami menambah empat kota/kabupaten di NTT yang capaian vaksinasi primernya masih rendah untuk kami lakukan percepatan vaksinasi. Bagi Muhammadiyah sendiri, ini bukanlah kali pertama kami melakukan program vaksinasi. Sebelumnya kami melakukan berbagai program respons untuk memerangi pandemi covid-19 dan melaksanakan vaksinasi melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center dengan pencapaian vaksinasi yang cukup signifikan yakni mencapai lebih dari 2.000.000 dosis," papar Agus.

Tak lupa Agus mengapresiasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Alor, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), Angkatan Muda Muhammadiyah, serta seluruh jajaran dan unsur organisasi yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi di daerah tersebut dalam melaksanakan program Vaksinasi Massal Muhammadiyah untuk Semua sebagai misi kemanusiaan sekaligus amanat persyarikatan.  

Selain Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Sara Heydari, Pejabat Bidang Kesehatan, Populasi, dan Gizi Kantor Kesehatan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) menyatakan covid-19 merupakan salah satu tantangan kesehatan terbesar yang pernah dihadapi dunia. Pemerintah Amerika Serikat, melalui USAID, gembira dapat mendukung upaya bersama untuk memaksimalkan kemitraan antara MPKU Muhammadiyah, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Pemerintah Kabupaten Alor. 

Baca juga: 6.314 KK Terdampak Banjir Bandang, Sebagian Besar Masih Mengungsi

"Kemitraan yang sukses ini memberikan hingga 10,000 dosis vaksin covid-19 kepada penduduk yang rentan dan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil di Kabupaten Alor. Ke depan, kemitraan ini akan memberikan 5.000 dosis vaksinasi covid-19 yang aman dan efektif di Kabupaten Alor. Dengan memastikan bahwa vaksinasi yang aman dan efektif menjangkau seluruh masyarakat, bersama kita dapat menyelamatkan jiwa, mencegah risiko wabah di masa depan, dan bahwa tidak ada satu orang pun yang belum divaksin."

Kegiatan vaksinasi di Kabupaten Alor akan dilakukan di tiga titik, yakni Kecamatan Alor Barat Daya dan Alor Barat Laut serta Pulau Pantar dengan target sasaran sebanyak 5.000. Dengan bantuan dan dukungan dari USAID melalui Muhamammadiyah ini, diharapkan meningkatkan jumlah capaian vaksinasi primer di kabupaten tersebut dan mendekatkan akses vaksinasi terutama di Pulau Pantar hingga tercapai kekebalan kelompok (herd immunity) pada area tersebut. (RO/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat