visitaaponce.com

BMKG Warga Jateng Diminta Waspada Besok dan Lusa Cuaca akan Ekstrem

BMKG: Warga Jateng Diminta Waspada Besok dan Lusa Cuaca akan Ekstrem
Ilustrasi; citra satelit BMKG(dok.mi)

SEJUMLAH daerah di Jawa Tengah (Jateng) diminta mewaspadai cuaca esktrem yang terjadi pada Jumat dan Sabtu (22-23/7). Cuaca ekstrem yang terjadi adalah hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga perlu siaga kemungkinan munculnya bencana hidrometeorologi.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno menyatakan, besok, Jumat (22/7) yang perlu waspada adalah Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo dan sekitarnya. Sementara untuk Sabtu (23/7) daerah yang perlu siaga adalah Cilacap, Brebes, Banyumas, Purbalingga dan sekitarnya.

"Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan. Peningatan awan hujan tersebut terjadi di beberapa wilayah. Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia," jelas Sutikno dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/7).

BMKG, kata Sutikno, mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

"Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," imbaunya. (OL-13)

Baca Juga: Anggaran OPD di Temanggung Dipangkas untuk Gaji PPPK

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat