visitaaponce.com

Mendag Siap Dukung Peningkatan Produk Ekspor Blora

Mendag Siap Dukung Peningkatan Produk Ekspor Blora
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) dan Bupati Blora H Arief Rohman (kanan).(HO)

KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) siap membantu Kabupaten Blora, Jawa Tengah dalam upaya peningkatan ekspor. Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menerima kunjungan Bupati Blora H Arief Rohman di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (1/8).

"Kemendag siap mendukung Blora untuk fokus pada peningkatan ekspor. Kami sangat mendukung dan mendorong daerah-daerah yang ingin fokus meningkatkan neraca perdagangan ekspor seperti halnya Blora. Karena yang menjadi fokus arahan dari Pak Presiden juga untuk menggenjot ekspor," ucap Zulkifli.

Ia mengatakan, Kemendag siap untuk memberikan program pendampingan dalam rangka meningkatkan mutu kualitas produk ekspor daerah. "Tadi banyak yang disampaikan Pak Bupati termasuk upaya digitalisasi transaksi untuk pasar-pasar tradisional. Seiring perkembangan teknologi, transaksi perdagangan juga harus disiapkan. Kami apresiasi komitmen Kabupaten Blora dalam hal ini," tambahnya.

Beberapa produk lokal Kabupaten Blora seperti briket arang batok kelapa. Kemudian kerajinan kayu jati, hingga produk olahan tanaman kelor yang memang sudah layak untuk diekspor.

Bupati Blora, Arief Rohman mengatakan kedatangannya ke Kementerian Perdagangan adalah untuk bersilahturahmi dan menyampaikan potensi ekspor dari Blora agar dapat dibantu Mendag. "Kami melakukan diskusi agar Blora dapat dibantu dalam hal ekspor briket arang batok kelapa, ekspor kerajinan kayu jati, ekspor produk olahan kelor, hingga penataan digitalisasi pasar tradisional," ungkap Bupati.

"Alhamdulillah dalam diskusi tersebut, Pak Menteri menerima kami dengan baik. Banyak arahan, ilmu yang disampaikan beliau untuk Blora," sambung Bupati.

Lebih jauh, Arief Rohman berharap ekspor berbagai komoditas seperti briket arang batok kelapa dan lainnya, bisa bermanfaat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Blora. "Kita ingin ekonomi kita (Blora) bangkit pascapandemi Covid-19," pungkas Arief Rohman. (RO/OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat