visitaaponce.com

Wagub Sumut Berharap Dukungan Polda Sukseskan Kejurnas Reli Danau Toba

Wagub Sumut Berharap Dukungan Polda Sukseskan Kejurnas Reli Danau Toba
Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah saat diwawancarai media di Kantor Pemprov, Medan.(DOK.PEMPROVSUMUT)

WAKIL Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah meminta dukungan Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak untuk penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Rally di kawasan Danau Toba pada 5-7 Agustus 2022.

Wakil Gubernur yang akrab disapa Ijeck itu menyampaikan permintaannya dengan menemui Irjen Panca di Mapolda Sumut, Medan, Rabu (3/8).

"Kejurnas reli adalah kejuaraan mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi serta diikuti pereli dari berbagai daerah di Indonesia. Tak bisa hanya IMI (PP Ikatan Motor Indonesia) sendiri, harus juga dibantu pihak kepolisian, juga TNI dan pemerintah setempat," ungkap Ijeck kepada Kapolda.

Ia mengatakan, kedatangannya ke Mapolda mewakili Pemprov Sumut sekaligus bagian dari IMI. Wagub berharap Kejurnas Rally 2022 yang akan digelar di Danau Toba dapat didukung jajaran Polda Sumut.

Selain kejurnas reli, Ijeck juga menyampaikan ke Kapolda terkait rencana gelaran Asian Pasific Rally Championship (APRC). Event tersebut akan diadakan pada September 2022 mendatang.

Menurut Wagub, keberhasilan penyelenggaraan APRC juga menjadi penilaian kelayakan Sumut untuk menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC) tahun depan.

"Nanti akan ada tim observer yang datang menilai layak atau tidak kita gelar WRC. Harusnya layak karena kita sudah pernah melaksanakannya," kata Ijeck.


Baca juga: Redam PMK di Sulsel, Karantina Pertanian Makassar Perketat Lalu Lintas Hewan Ternak


Wagub melanjutkan, penyelenggaraan event ini tidak hanya untuk pereli atau mereka yang hobi otomotif. Namun akan berdampak juga pada pemulihan ekonomi Sumut, khususnya di wilayah sekitar gelaran event.

Kapolda Sumut merespons positif permintaan dukungan dari Ijeck. Panca pun memastikan Kejurnas Rally 2022 di kawasan Danau Toba akan didukung penuh jajarannya.

"Polda Sumut akan support penuh. Kita support baik itu aspek pengamanan dan termasuk juga bagaimana memfasilitasi peserta selama melakukan kegiatan di wilayah kita," tegas Kapolda.

Terlebih, lanjut Panca, event ini menjadi momentum yang jarang terjadi. Dia juga berharap event ini juga didukung seluruh lapisan masyarakat sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19.

"Kita juga akan mendorong dan mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan kegiatan ini," ujar Kapolda.

Adapun kejurnas reli nanti merupakan putaran III dan IV yang merupakan lanjutan dari putaran I dan II yang sebelumnya dilaksanakan di lokasi yang sama pada Desember 2021. Rute sepanjang 132 kilometer di Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, akan dilintasi para peserta dari seluruh Indonesia. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat