visitaaponce.com

Pabrik Gula di Bone Mulai Giling Tebu Perdana

Pabrik Gula di Bone Mulai Giling Tebu Perdana
pabrik gula di kabupaten bone( Dok. PTPN XIV)

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV memberi target Pabrik Gula Camming di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, memproduksi 23 ribu ton gula kristal putih pada giling perdana tebu yang diawali dengan seremoni iring-iringan tebu manten.

Menurut Manajer Pabrik Gula Camming Hamsa, target produksi gula kristal putih itu berasal dari giling tebu sebanyak 302.108 ton dengan randemen 7,81%.

"InsyaAllah, giling tebu dilakukan selama 125 hari. Dengan semangat pantang menyerah, pabrik gula Camming pasti bisa. Tema giling kita, pada kesempatan ini, berakhlak dan pantang menyerah," kata Hamsa dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/8).

Dia berharap, seluruh pimpinan, staf dan pekerja yang terlibat senantiasa berikhtiar dan berdoa.

"Apapun hasil yang didapatkan setelah giling adalah yang terbaik. Setiap proses yang dilewati untuk diambil pelajarannya," lanjut Hamsa.

Baca juga: Gudang Gula di Kudus Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta Rupiah

Senior Executive Vice President Operation PTPN XIV Andi Arwan AP menambahkan tahun 2022 Pabrik Gula Camming bisa lebih maksimal memproduksi gula pasir sesuai dengan target.

"Dengan kapasitas giling sebesar 2.400 ton tebu per hari maka giling tebu yang dilakukan Pabrik Gula Camming yang rencananya berlangsung selama 125 hari bisa maksimal, sesuai target," ucap Arwan.

Sementara itu, Pabrik Gula Takalar, Sulsel, juga milik PTPN XIV yang sudah giling perdana Mei menargetkan produksi gula sebanyak 21.644 ton dari target giling tebu sebanyak 256.160 ton dengan randemen 8,5%.

Sebelumnya, Direktur PTPN XIV Tio Handoko menyebutkan jika aktivitas rutin sebuah pabrik gula, seperti proses giling yang dilakukan merupakan gambaran dimulainya satu denyut, adanya aktivitas kehidupan.

"Kehidupan, baik bagi kita yang ada di PTPN maupun petani dan vendor-vendor. Harapannya, bila semua memberikan energi positif di sekeliling kita, maka kita bisa menghasilkan yang sebaik-baiknya," tukas Tio.(OL-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat