visitaaponce.com

Petani Selo Bentangkan Merah Putih di Tegalan Lereng Merbabu

Petani Selo Bentangkan Merah Putih di Tegalan Lereng Merbabu
Sekitar 50 petani Selo di kawasan Merbabu membentangkan bendera merah putih raksasa, dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77(MI/Widjajadi)

KEMERIAHAN merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 terlihat hampir di seluruh wilayah, termasuk di lereng Merapi-Merbabu, kawasan Boyolali. Bendera merah putih raksasa pun dibentangkan di kebun lereng Merbabu, Selasa (16/8).

"Ini kemeriahan yang selalu dilakukan petani Merbabu di setiap perayaan HUT RI. Sang Saka Merah Putih Raksasa, kita bentangkan di tegalan dan para petani memberikan penghormatan secara khidmat," kata sesepuh Desa Selo, Suyitno, 58, usai pengibaran bendera raksasa.

Sebanyak 50 petani mengarak bendera mengelilingi desa sejauh 2 km, sebelum membentangkannya di tegalan. Lalu, mereka berdiri tegak menghadap pusaka merah putih dan memberikan penghormatan.

"Ada rasa getar di hati, ketika kami membentangkan bendera dan memberi hormat. Ini sangat memupuk rasa cinta Tanah Air. Dengan kemerdekaan yang diraih penuh darah oleh para pahlawan, kita merdeka dan bisa terus berkarya untuk bangsa," ucap Darmanto, petani muda yang ikut dalam pengibaran bendera raksasa itu.

Baca juga: Kapolres Flotim Bagikan Bendera Merah Putih Serta Sembako di Desa Terpencil

Jinem, 39, perempuan petani yang selalu terlibat tiap tahun dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI, mengaku, pembentangan merah putih raksasa itu untuk memupuk semangat cinta tanah air dan menanamkan jiwa patriotisme pada warga lereng Merbabu dan Merapi.

"Lagu-lagu perjuangan yang kita nyanyikan membuat jiwa ini diperbarui. Seluruh warga Selo sangat bersuka cita memperingati perayaan HUT Kemerdekaan dengan cara khas ini," tutur Suparto, petani lain yang terlibat dalam pembentangan merah putih raksasa tersebut.

Ketika para petani memberikan penghormatan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mars perjuangan, kawasan Merbabu diselimuti kabut tipis.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat