visitaaponce.com

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel
Ilustrasi(DOK MI)

RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di Bangka Belitung (Babel), Jumat (19/8). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel.  Mikron Antariksa menyebut jumlah hotspot yang terpantau mencapai 138 titik.

Ke-138 titik ini menurutnya tersebar di Lima kabupaten. Terbanyak terdapat di Bangka Barat dengan 74 titik "Bangka 28 titik, bangka barat 74 titik, Bangka Selatan 18 titik, Bangka Tengah 17 titik dan Belitung Timur 1 titik," kata Mikron.

Kuat dugaan, dari 138 titik panas tersebut ada yang berasal daeri karhutla. Tingkat akurasinya di angka delapan dengan status warna merah dan kuning.

"Dari 138 titik ini kemungkinan besar ada karhutla mengingat cuaca saat ini panas dan angin kecang. Potensi karhutla tinggi sekali," ujarnya.

Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, Mikron mengimbau masyarakat yang tinggi di kawasan hutan untuk waspada. Selain itu pihaknya juga meminta masyarakat tidak membakar sampah atau membuka kebun dengan cara membakar.

"Kalau untuk bakar sampah sebenarnya tidak masalah asalkan ditunggu.  Tapi kalau buka kebun dengan cara dibakar, itu dilarang dan dapat di pidana jika berubah menjadi karhutla," tegasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat