visitaaponce.com

Sulsel Tangani Dia Suspek Penderita Cacar Monyet

Sulsel Tangani Dia Suspek Penderita Cacar Monyet
Ilustrasi cacar monyet(AFP)

DUA pasien suspek cacar monyet (monkeypox) dirawat di dua rumah sakit di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Sulsel, Erwan Tri Sulistiyo, Rabu (24/8).

Menurutnya, kedua pasien laki-laki, berusia 37 tahun dan  20 tahun. Satu dirawat di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar dan satu lainnya di Rumah Sakit Pendidikan Unhas.

"Yang dirawat di Unhas itu, pernah ada perjalanan ke Jakarta. Saat di Jakarta dia melihat ada ruam. Kemudian dia kembali ke Makassar dan berobat ke dokter. Tentu kalau ada virus masuk itu ada rasa demam dan tidak nyaman. Setelah tiga hari, tidak ada perubahan. Dan saat di rumah sakit, ruam-ruamnya bertambah sampai ke wajah dan diduga monkeypox," jelas Erwan.

Sedangkan pasien yang dirawat di RS Labuang Baji setelah diselidiki, tidak ada riwayat bepergian. "Jadi saat ini, kita melakukan langkah antisipasi agar tidak terjadi penyebaran. Teman-teman di dinas kesehatan sudah kita informasikan dan sudah melakukan pemeriksaan ke pihak keluarga tidak ada gejala yang sama," tambah Erwan.

Dikatakan sampel kedua pasien sudah dikirim ke Litbangkes di Jakarta. "Biasanya butuh waktu dua hari untuk mengetahui hasilnya. Tergantung banyaknya sampel yang diperiksa di sana," jelasnya.

Erwan mengingatkan, penyebab cacar monyet itu adalah virus dan bisa menyerang semua umur, jadi harus diantisipasi penyebarannya terlebih belum ada vaksin untuk virus monkeypox itu. "Kalau sudah ada vaksin, dan saya yakin masyarakat banyak yang mau karena ini kan kelihatan penyakitnya, beda dengan covid," terangnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat