visitaaponce.com

Imigran Sri Lanka Dipindah dari Lhoknga ke Lhokseumawe

Imigran Sri Lanka Dipindah dari Lhoknga ke Lhokseumawe
.(ANTARA/Irwansyah Putra)

SEBANYAK 44 imigran asal Sri Lanka yang terdampar dan ditampung sementara di Pantai Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Aceh, pada Rabu (22/6) diberangkatkan ke Kota Lhokseumawe yang berjarak sekitar 6 jam menggunakan bus. Mereka akan ditempatkan pada lokasi penampungan sementara di bekas gedung kantor Imigrasi Lhokseumawe di Peunteut.

Untuk pemberangkatan tersebut, disediakan bus milik pemerintah Aceh. Mereka dijemput langsung dari tenda dekat pantai Lhoknga dan singgah sejenak ke Pendopo Gubernur Aceh di Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyempatkan bertemu dengan puluhan warga Sri Lanka tersebut. Orang nomor satu di provinsi paling barat Indonesia itu menyerahkan santunan dan bantuan bahan pokok kepada mereka.

Kepada anak-anak di bawah umur Zaini membagi bagikan permen seraya melemperkan senyum. "Untuk sementara mereka akan ditempatka di penampungan Imigrasi Lhokseumawe" kata Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

Informasi yang diperoleh Media Indonesia, Rabu (22/6), para imigran Sri Lanka itu tidak diperkenankan lagi melanjutkan perjalanan laut mencari suaka politik ke negara tujuan Australia.

Ada beberapa faktor perjalanan meteka ke Australia tidak perkenankan. Diantaranya adalah karena kapal besi yang digunakan warga Sri Lanka tersebut dalam kondisi rusak dan tidak layak berlayar di laut lepas.

Mereka nantinya akan dipulangkan ke negara asalnya Sri Lanka dalam waktu belum ditentukan. Untuk memulangkan mereka pemerintah Aceh atau pemerintah Indonesia akan menyediakan jasa pesawat udara. Pemulangan juga melibatkan UNHCR yaitu lembaga PBB yang menangani madalah pengungsi.(X-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Victor Nababan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat