visitaaponce.com

Yukk Jadi Orang Tua Asuh Tapirnya Bandung Zoo

Yukk ! Jadi Orang Tua Asuh Tapirnya Bandung Zoo
Kebun Binatang Bandung mencari orang tua angkat untuk anak Tapir yang lahir pada 30 Agustus 2022 lalu(dok.Humas Kebun Binatang Bandung)

DENGAN kelahiran seekor anak Tapir pada 30 Agustus 2022 lalu, kini Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo memiliki koleksi tapir terbanyak dibandingkan kebun binatang lain yang ada di Indonesia. Saat ini hewan langka yang ada di Bandung Zoo tersebut, berjumlah 11 ekor, terdiri dari enam Tapir jantan dan lima Tapir betina.

Hewan-hewan tersebut ditempatkan di dua komplek kandang besar di dekat pintu masuk 3 ekor dan sisanya 8 ekor di kandang lama di dekat kawasan burung. "Anak Tapir tersebut belum diberi nama dan kami masih mencari orang tua angkat dan biar nanti orang tua angkatnya yang memberi nama. Yang jelas kini kami sangat bahagia karena melihat Tapir peliharaan yang berkembang pesat. Alhamdulillah Tapir di Kebun Binatang Bandung sekarang jumlahnya banyak ini berkat usaha semua pihak," kata Markom Bandung Zoo, Sulhan Syafi' di Bandung Jumat ((7/10).

Menurut Sulhan, saat ini Bandung Zoo tengah membuka peluang bagi kebun binatang lain untuk tukar menukar dengan pihaknya. Ia berharap nantinya Kebunn Binatang Bandung bisa menyumbangkan banyak peran dalam pengembangbiakan Tapir di Indonesia.

Saat ini kondisi kesehatan anak Tapir, yang baru berusia sebulan lebih tersebut itu nampak lincah ketika dikeluarkan dari kandang malamnya. Ia langsung menyerbu pakan yang sudah disiapkan di exibit atau kandang yang berlantaikan pasir.

Selama ini perkembangbiakan Tapir di Bandung Zoo memang mencapai jumlah yang fantastis karena hanya Bandung zoo yang memiliki 11 ekor tapir. Walhasil, dengan jumlah tersebut terbuka peluang untuk kebun binatang lain mendapatkan Tapir. "Silakan kita berkoordinasi untuk tukar
menukar," ajaknya.

Sulhan menyebut, beberapa waktu belakangan memang ada beberapa kebun binatang di Jawa dan Bali yang sudah datang ke Kebun Binatang Bandung. Tujuannya untuk merangkai kerja sama untuk hibah dan tukar menukar Tapir dan juga satwa lain.

"Kita tentu menyambut gembira bisa menyumbangkan Tapir banyak untuk perkembangan satwa langka di Indonesia, yang berminat dan serius mangga bisa kontak ke manajemen kami, untuk membicarakannya," teragnya lagi. (OL-13)

Baca Juga: Orang Utan, Anak Angkat Ridwan Kamil, Rayakan HUT ke-5

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat