visitaaponce.com

KPUD Sikka Sediakan Honor Panitia AdHoc Pemilu 2024 Sebesar Rp17 Miliar

KPUD Sikka Sediakan Honor Panitia AdHoc Pemilu 2024 Sebesar Rp17 Miliar
KPUD Sikka(MI/Gabriel Langga)

KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyediakan dana sebesar Rp17 miliar lebih hanya untuk pembayaran honor panitia AdHoc pada pemilihan umum (Pemilu) 2024

"Pada Pemilu 2024, anggaran yang kita siapkan untuk bayar honor panitia Ad Hoc sebesar Rp 17 miliar lebih," ujar Ketua KPUD Kabupaten Sikka, Yohanes Kristostomus Feri, Selasa (11/10).

Menurut dia, anggaran sebesar Rp17 miliar lebih itu untuk membayar sekitar 10.532 orang sebagai panitia Ad Hoc pada Pemilu 2024. Panitia itu terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Komisi Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS), dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih.

Baca juga: DPD NasDem Sikka Siap Menangkan Anies Baswedan jadi Presiden 2024

Untuk itu, ungkap dia, pada November 2022 ini, KPUD bakal membuka pendaftaran panitia Ad Hoc tersebut. 

"November, kita sudah mulai buka pendaftaran. Ada 10.532 orang yang kita bakal rekrut. Mereka yang kita rekrut ini menjadi panitia AdHoc pada Pemilu 2024. Tapi perekrutan kita masih tunggu peraturan pelaksanaannya," ujar Ferry.

Dirinya juga menambahkan, jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) sebanyak 920 yang tersebar di 181 desa dan 13 kelurahan di Kabupaten Sikka. 

"Jumlah TPS ini sebanyak 920 TPS di Kabupaten Sikka untuk sambut pesta demokrasi pada Pemilu 2024. Ini kalau jumlah TPS tidak bertambah. Dalam waktu dekat ini kami juga akan lakukan pemetaan TPS," tegas dia

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sikka Jupri menambahkan soal verifikasi faktual partai politik. Menurut dia, KPUD Kabupaten Sikka akan melakukan verifikasi faktual dengan cara mendatangi kantor tetap pengurus parpol tingkat kabupaten.

"Jadi kita akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan parpol. Verifikasi faktual bertujuan membuktikan kebenaran dan keabsahan keanggotaan parpol paling sedikit 1/1.000 dari jumlah penduduk pada setiap kepengurusan partai politik tingkat kabupaten," pungkas dia.

Pada kesempatan lainnya, Wakil Bupati Sikka Romanus Woga meminta semua elemen warga Kabupaten Sikka untuk mengambil bagian dalam upaya menyukseskan Pemilu 2024 yang aman, sukses dan damai

"Untuk sukseskan pemilu yang aman dan damai ini dibutuhkan dukungan dari semua elemen warga Kabupaten Sikka termasuk parpol calon peserta pemilu. Maka kita harus saling mendukung dan perlunya kerja sama dalam menyukseskan semua agenda yang telah digariskan KPU," tutup Wakil Bupati Sikka. (OL-1) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat