visitaaponce.com

Kapolda Jatim Dicopot, PW GMPI Apresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit

Kapolda Jatim Dicopot, PW GMPI Apresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit
Irjen Pol Nico Afinta telah dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur.(ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

KEPALAN Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Pol Nico Afinta dari posisi Kapolda Jawa Timur (Jatim).

Hal itu termuat dalam surat telegram nomor ST/2134/X/KEP/2022 tanggal 10 Oktober 2022.

Nico Afinta sebagai Kapolda Jawa Timur memang sempat disorot usai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Baca juga : GMPI Jatim Juga Minta Kapolri Listyo Sigit Copot Kapolda Jatim

Sejumlah elemen masyarakat bahkan tak segan meminta Nico Afinta mundur dari jabatannya buntut tragedi yang menewaskan 131 orang tersebut.

Ketua Pimpinan Wilayah Generasi Muda Pembangunan Indonesia (PW GMPI) Jawa Timur Sugondo, SH mengapresiasi langkah Kapolri yang berani mencopot jabatan Kapolda Jatim.

"Pencopotan Kapolda Jatim ini satu langkah tepat dan strategis yang diambil bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Dan saya sangat mengapresiasi kebijakan bapak Kapolri bisa memperbaiki kinerja ataupun citra polri di Jawa Timur," kata Sugondo kepada media, Selasa (11/10).

Baca juga : Menpora dan Kapolri Kunjungi Korban Luka Tragedi Kanjuruhan di Rumah Sakit

Selanjutnya, Sugondo menyambut baik Kapolda Jawa Timur akan diisi oleh Irjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat posisi Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).

"Selamat datang bapak Teddy Minahasa Putra, welcome to East Java, kami berharap banyak pada bapak, semoga bapak beserta jajarannya bisa bekerja maksimal dalam menegakkan hukum di daerah kami," Pungkas Sugondo.

Dengan adanya Kapolda Jatim yang baru tersebut, PW GMPI Jawa Timur siap berkolaborasi dengan polisi terkait penegakan hukum. Khususnya bagi generasi muda.

Baca juga : Kapolri Pastikan Tindak Hukum Kapolda yang Tidak Netral dalam Pemilu 2024

"GMPI Jatim juga siap bermitra dengan polda jawa timur demi terciptanya generasi muda yang gemilang dan sadar hukum," pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, PW GMPI Jawa Timur mendorong Kapolri untuk memutasi atau mencopot jabatan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. Dorongan itu didasarkan pada tragedi kemanusiaan yang terjadi di Kanjuruhan Malang.

Dimana dalam peristiwa itu, menewaskan 131 orang dalam pertandingan antara Arema FC vs Persebaya Surabaya. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat