visitaaponce.com

Jalan Desa Terputus dan Satu Rumah Rusak Parah Terdampak Longsor

Jalan Desa Terputus dan Satu Rumah Rusak Parah Terdampak Longsor
Ilustrasi: material tanah dan bebatuan akibar tebing longsor memutus jalan desa(MI/Adi Kristiadi)

JALAN desa terputus total dan satu rumah rusak parah terdampak tanah longsor di RT 003/002, Dusun Serang, Desa Ngasinan, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah, Minggu (23/10). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Satu rumah yang rusak parah adalah bagian ruang tamu, dua kamar tidur,serta jalan tertutup total,"terang Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Bambang Triyono, Senin (24/10).

Ia menjelaskan, kronologi kejadian longsor bermula dari hujan lebat mengguyur wilayah Kaliwiro termasuk Desa Bgasinan. Hal ini mengakibatkan tebing setinggi 16 meter, lebar 8 m longsor menimpa rumah milik Sugiarto hingga mengakibatkan ruang tamu dan  dua kamar tidur rusak parah tertimpa material. Beruntung pemilik rumah sedang berada di ruangan sisi lain, sehingga tidak ada korban jiwa.

Menindaklanjuti hal tersebut, katanya, Kades Ngasinan segera melaporkan ke RPB SAR KALIWIRO beserta TNI/POLRI. Selang beberapa menit tim tiba di lokasi dan segera melakukan asesmen, dan deteksi longsor susulan. Hasilnya ditemukan aliran air dan terdapat kolam diatas tebing yang dimungkinkan menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya longsor.

"Disisi lain, tebing tidak kuat menahan beban karena hanya tanaman dengan akar pendek yang ada di tebing. Namun tidak terdeteksi tanda-tanda longsor susulan, sehingga tim melakukan penanganan darurat dengan membuka jalur roda dua, pengurangan beban tebing, dan cek deteksi dengan detail di sepanjang tebing," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Mami Kepoo Gandeng NU Buka Toko Online-Ofline di Kota Tegal

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat