visitaaponce.com

Stok Vaksin Covid-19 di Tasikmalaya, Ciamis dan Garut Kosong, Target Booster Meleset

Stok Vaksin Covid-19 di Tasikmalaya, Ciamis dan Garut Kosong, Target Booster Meleset
Petugas kesehatan sedang mempersiakan vaksin covid-19(dok.ant)

KETERSEDIAAN vaksin Covid-19 di Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Garut nihil sejak tiga pekan terakhir. Kondisi ini membuat target vaksinasi booster di wilayah tersebut tak tercapai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, mengakui kalau stok vaksin Covid-19 di daerahnya sudah sejak beberapa pekan terakhir kosong. Pemekot sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat terkait kekosongan stok ini.

"Saya akan melakukan pengecekan lagi untuk semua fasilitas kesehatan, termasuk Dinas Kesehatan apakah sudah kosong atau sudah ada pengiriman lagi. Pak Kadis nanti akan melaporkan dan koordinasikan informasi tersebut. Jika terjadi kosong dipastikan untuk layanan di masyarakat akan berhenti sementara waktu," ucap Ivan, Selasa (25/10/2022).

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat. Kekosongan vaksin covid ini terjadi sepekan lalu. Pihanya sudah mencoba berbagai cara untuk mendapatkan distribusi vaksinasi tapi belum ada kepatian.

"Kami sudah mengajukan permohonan supaya pemerintah Provinsi Jabar dan pusat segera mengirimkan stok vaksin Covid-19 ke daerah agar bisa melayani masyarakat seperti biasa. Namun belum ada jawaban yang pasti kapan akan dikirim," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Acep Joni, mengatakan, kekosongan stok vaksin di daerahnya terjadi sejak dua pekan terakhir dan pelayanan harus terhenti dan tak bisa berjalan untuk sementara waktu.

"Untuk stok vaksin di TNI dan Polri kemungkinan juga sudah kosong, karena dua instansi itu sudah tidak melayani vaksinasi di Kabupaten Ciamis sejak pekan lalu. Kekosongan vaksin ini banyak masyarakat yang mencari terutama dosis ketiga atau booster mengingat menjadi syarat wajib melakukan sejumlah kegiatan, salah satunya perjalanan kereta api jarak jauh dan kami hanya bisa menunggu distribusi, karena tidak bisa produksi sendiri," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: Bersama Warga Ujung Negeri Pertamina Hadir Turunkan Emisi Agar Bumi Lestari

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat