visitaaponce.com

BMKG Catat Ada 127 Kali Gempa Susulan di Cianjur

BMKG Catat Ada 127 Kali Gempa Susulan di Cianjur
Warga melintas di depan rumah yang roboh akibat gempa di Kampung Selakawung Tengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11).(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

BERDASARKAN pemantauan yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hingga Selasa (22/11) pukul 7.30 WIB, telah terjadi sebanyak 127 kali gempa susulan di wilayah Cianjur sejak Senin (21/11).

Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, gempa susulan yang terjadi memiliki magnitudo terbesar 4,2 magnitudo dan terkecil 1,2 magnitudo.

"Berdasarkan data, bahwa aktivitas gempa susulan di Cianjur Sukabumi sudah meluruh," kata Daryono dalam keterangan resmi, Selasa (22/11).

Baca juga : BMKG: Gempa Magtudo 4,7 Cianjur Akibat Sesar Cugenang

Sebagai informasi, pada Senin 21 November 2022 pukul 13.21.10 WIB wilayah Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,6.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,86° LS ; 107,01° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Cimandiri," ucap dia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser. (Ata/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat