visitaaponce.com

Pemprov Sumbar Kini Bantuan 1,3 Ton Rendang Bagi Korban Gempa Cianjur

Pemprov Sumbar Kini Bantuan 1,3 Ton Rendang Bagi Korban Gempa Cianjur
Korban gempa Cianjur, Jawa Barat di tenda darurat.(ANTARA)

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar, Jumat (25/11)  mengirim bantuan berupa 1,3 ton paket rendang untuk korban gempa Cianjur. Pengiriman paket rendang tersebut merupakan instruksi langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, guna memenuhi kebutuhan makanan penyintas gempa.

Paket rendang itu diberangkatkan melalui jalur darat dan dijadwalkan tiba di Cianjur, Minggu (27/11). Sebelumnya paket rendang yang akan diserahkan secara simbolis telah diberangkatkan menggunakan jalur udara dan dikawal langsung oleh Gubernur dan Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Jumaidi.

Kasie Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumbar Ilham Wahab yang turut mengawal pengiriman melalui jalur darat, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumbar melalui BPBD Sumbar telah mengumpulkan paket rendang dari beberapa OPD terkait, BUMN, lembaga, UMKM dan relawan masyarakat. Ilham memastikan, paket rendang yang dikirim tersebut memiliki ketahanan sampai 1 bulan sehingga sangat layak dikonsumsi secara langsung oleh warga terdampak.

"Dari seluruh OPD di Sumatra Barat jumlahnya beragam. Ada yang 10 kilo, ada yang 20 kilo, ada yang 30 kilo. Ada dari BUMN, Baznas dan ada juga dari UMKM," jelas Ilham.

Pengiriman paket rendang untuk pemenuhan kebutuhan permakanan bagi warga terdampak bencana oleh Pemerintah Provinsi Sumbar bukan menjadi yang pertama kalinya dilakukan. Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumbar juga telah mengirimkan paket =rendang bagi penanganan bencana yang terjadi di sejumlah wilayah seperti peristiwa Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang, bencana banjir dan longsor di Aceh, Bengkulu, Dumai, kemudian juga gempa bumi dan tsunami di Palu dan sebagainya. (OL-15)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat